kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Grab mencaplok saham Elang Mahkota Teknologi (EMTK), simak prospeknya ke depan


Kamis, 15 April 2021 / 21:02 WIB
Grab mencaplok saham Elang Mahkota Teknologi (EMTK), simak prospeknya ke depan
ILUSTRASI. Salah satu acara stasiun televisi tv SCTV dari PT PT Surya Citra Media Tbk SCMA anak PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), di Jakarta.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grab diketahui telah membeli saham  perusahaan teknologi dan konglomerasi media, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). Mengutip The Straits Times, Grab yang didukung Softbank itu mencaplok 4% saham EMTK senilai Rp 4 triliun atau setara 366 juta dolar Singapura. 

"Grab membeli via H Holdings," ujar sumber yang enggan disebut namanya kepada The Straits Times, seperti yang dikutip Kontan.co.id, Kamis (15/4). 

Melihat aksi ini, Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengungkapkan, pelaku pasar perlu mencermati motif di balik transaksi tersebut. Apabila Grab mencaplok EMTK untuk menambah diversifikasi portofolio saja, kemungkinan transaksi tersebut tidak berdampak signifikan. 

"Pola seperti itu berarti belum ada pengembangan yang signifkan. Artinya, program yang dijalankan hanyalah program exsisting dari EMTK selama ini," ujar Reza kepada Kontan.co.id, Kamis (15/4). 

Apalagi, lanjutnya, jumlah kepemilikan Grab di EMTK tidak begitu besar yakni 4%. 

Baca Juga: Dibeli Grab, saham Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) terkerek 7,14%

Lain cerita, jika transaki tersebut diikuti dengan kolaborasi atau pengembangan strategi  antara Grab dan EMTK. Transaksi itu dapat mendatangkan keuntungan terhadap keduanya sehingga menjadi lebih menarik.  

Mengutip The Straits Times, pembelian saham EMTK oleh Grab memberi sinyal potensi merger antara digital payment  OVO dan DANA. Kendati belum mengetahui rincian mengenai merger digital payment, Reza mengungkapkan pengembangan tersebut bukanlah hal yang mustahil. 

"Merger dimungkinkan. Kembali lagi, berbagai strategi mungkin dikembangkan dengan keberadaan Grab di EMTK," imbuhnya. 

Jika benar terjadi, maka langkah merger itu dapat berimbas positif terhadap EMTK. Dengan catatan DANA mampu memberikan nilai tambah terhadap EMTK. Sebab selama ini Reza mencermati, EMTK masih menjadi penyuntik modal saja. Belum ada gambaran kontribusi dari DANA terhadap EMTK. 

Oleh karenanya investor disarankan untuk lebih cermat terhadap transaksi ini. Termasuk, keuntungan apa saja yang diperoleh EMTK dengan masuknya Grab sebagai pemegang saham. Ia pun merekomendasikan buy saham EMTK dengan target harga Rp 2.800 per saham

Adapun kabar masuknya Grab tidak dipungkiri menjadi sentimen positif sesaat terhadap saham EMTK. Hingga penutupan perdagangan hari ini, Kamis (15/4), saham EMTK mampu menguat 7,14% ke Rp  2.550 per saham.

Selanjutnya: Net buy asing capai Rp 35 miliar, IHSG menguat 0,2% ke 6.062 pada pagi ini (15/4)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×