kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GOTO Bakal Private Placement 120,14 Miliar Saham


Senin, 06 Mei 2024 / 19:47 WIB
GOTO Bakal Private Placement 120,14 Miliar Saham
ILUSTRASI. GOTO. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/File Photo


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD ) atau private placement sebesar 120,14 miliar saham seri A.

Melansir keterbukaan informasi, jumlah private placement ini setara dengan 10% modal ditempatkan dan disetorkan penuh. GOTO akan meminta restu ke pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 11 Juni 2024.

Manajemen GOTO menyampaikan, periode PMTHMETD itu akan dilakukan dalam jangka satu tahun sejak RUPS.

Dana yang diperoleh akan digunakan oleh GOTO untuk mendukung kebutuhan modal kerja serta pelunasan melalui konversi atas utang Perseroan di kemudian hari, jika ada.

Baca Juga: Saham Digital Mediatama (DMMX) Mentok ARB Usai Suspensi Dibuka

Rinciannya, sebesar 35% dari dana PMTHMETD akan disetor kepada GOTO dan anak perusahaan, termasuk PT Dompet Anak Bangsa (sebesar 25%) dan/atau PT Multifinance Anak Bangsa (25%) dan/atau PT GoTo Solusi Niaga dan setiap bisnis groceries milik GOTO (20%).

Harga pelaksanaan saham baru GOTO paling sedikit adalah 90% dari rata-rata harga penutupan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di pasar reguler sebelum tangga permohonan pencatatan saham baru hasil PMTHMETD kepada BEI.

Menurut manajemen GOTO, harga penutupan saham pada tanggal 30 April 2024 adalah Rp 64 per saham. 

PMTHMETD ini diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham Perseroan. Pelaksanaan PMTHMETD juga akan memberikan dana tambahan bagi Perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha perseroan dan anak perusahaan dan memperkuat struktur permodalan perseroan.

“Manfaat tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham perseroan,” papar manajemen GOTO dalam keterbukaan informasi.

Apabila PMTHMETD dilaksanakan, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham Perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09%. Pelaksanaan PMTHMETD ini tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara saham seri B terhadap saham seri A.

 

Baca Juga: Saham Barito Renewbles (BREN) Melemah 5,82% Usai Pembukaan Suspensi

“Secara umum, rencana PMTHMETD akan memberikan dampak secara langsung terhadap struktur permodalan dan likuiditas saham Perseroan. Sehubungan dengan PMTHMETD, total ekuitas dan total kas dan setara kas Perseroan akan meningkat dengan diperolehnya dana dari aksi korporasi ini,” tutur manajemen.

Sebelumnya, GOTO pernah melaksanakan private placement dengan menerbitkan 17,04 miliar saham baru. Penerbitan saham baru yang dilakukan GOTO membuat total saham ditempatkan dan disetor penuh setelah private placement mencapai 1,2 triliun lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×