kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,71   5,37   0.57%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Global Sukses Solusi (RUNS) Incar Kenaikan Laba Dua Kali Lipat


Minggu, 04 Juni 2023 / 07:05 WIB
Global Sukses Solusi (RUNS) Incar Kenaikan Laba Dua Kali Lipat


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan penyedia solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP), PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) atau dikenal dengan nama RUN System, mengincar pertumbuhan bisnis positif tahun ini. 

Berbekal kinerja apik selama tahun 2022, RUNS mengincar peningkatan laba bersih sekitar dua kali lipat hingga penghujung tahun nanti. 

Direktur Utama RUNS Sony Rachmadi mengungkapkan, pertumbuhan bisnis di tahun ini  akan ditopang oleh dua core product perseroan, yakni ERP Run System dan Produk Digital Run System yang meliputi, R1, RUN Market, Ikas & e Campus. 

“Dari kedua core product andalan tersebut porsi masing-masing, berturut-turut kami proyeksikan memberikan kontribusi sebesar 70% dan 30% di tahun 2023,” ungkap Sony.

Baca Juga: Kecuali Emas, Kinerja Operasional United Tractors (UNTR) Naik Per April 2023

Untuk mencapai target bisnis yang dicanangkan  tersebut RUNS pun menjalankan sejumlah strategi yang utamanya berkaitan dengan perluasan market serta kemitraan. 

Sony menyebut, di tahun ini, perseroan tidak hanya gencar memperluas market dan memperkuat kemitraan di dalam negeri, namun juga melakukan ekspansi ke luar negeri.

Dia memaparkan, ekspansi di dalam negeri salah satunya direalisasikan melalui penetrasi pada digitalisasi industri pendidikan. RUNS telah merampungkan proses akuisisi mayoritas saham PT Solusi Kampus Indonesia, dengan produk unggulannya yaitu e-Campus, sebagai sistem manajemen untuk perguruan tinggi.

Selain itu, RUNS juga kini tengah fokus mengembangkan produk digital yang segmen pasarnya  perusahaan menengah ke bawah. Seperti produk R1 contohnya, produk ERP modular dengan model bisnis berlangganan (subscription).

“Produk R1 dapat diimplementasikan secara mandiri oleh pengguna tanpa batasan letak geografis. Dari sisi modul yang diterapkan pun produk R1 dapat disesuaikan dengan kebutuhan,” papar Sony. 

Sedangkan untuk menggarap pasar global, sejak awal 2023 RUNS aktif mengikuti berbagai event dan kunjungan ke beberapa negara. Dari kegiatan tersebut, perseroan berhasil menggaet pasar internasional, salah satunya Tynergy Technology Corp., perusahaan yang berbasis di Amerika yang berfokus pada pengembangan energi terbarukan. 

Baca Juga: Bekasi Fajar (BEST) Incar Marketing Sales Rp 651 Miliar pada Tahun Ini

Untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, RUNS  merencanakan anggaran capex lebih dari Rp 20 miliar pada tahun ini. Di mana, sebagian anggaran tersebut dialokasikan pada pembiayaan proyek baru.

“Hal ini dianggarkan perseroan untuk memenuhi permintaan pengadaan ERP dari calon pengguna yang telah dijajaki pada tahun-tahun sebelumnya dan tentunya untuk mendukung adanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×