kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Revenue, IBOS Berencana Caplok Perusahaan FMCG dan Bioteknologi


Kamis, 22 Februari 2024 / 11:30 WIB
Genjot Revenue, IBOS Berencana Caplok Perusahaan FMCG dan Bioteknologi


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indo Boga Sukses Tbk (IBOS) sebagai perusahaan holding dan restoran berencana mencaplok perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Selain itu, perseroan juga akan mengakuisisi perusahaan bioteknologi berbahan dasar rumput laut.

Direktur Utama IBOS Edi Nugroho mengatakan, rencana akuisisi kedua perusahaan tersebut masih dalam tahap awal proses due dilligence. Namun demikian, saat ini IBOS belum bisa untuk mempublikasikan nilai akuisisi, lantaran rencana ini masih di fase awal.

Perusahaan pertama yang menjadi target akuisisi adalah PT Javaindo Maju Sejahtera yang selama ini memproduksi berbagai jenis wafer dengan beragam varian rasa dan sudah memasuki pasar ekspor ke beberapa negara dan pasar dalam negeri.

Baca Juga: BEI Suspensi Saham dan Waran Indo Boga Sukses (IBOS)

Perusahaan kedua yang akan diakuisisi IBOS yakni, PT Rote Karaginan Nusantara (RKN) yang selama ini telah mengekspor mayoritas produknya ke Eropa dan Amerika Latin.

Menurut Edi, apabila hasil due dilligence sesuai harapan, maka keputusan untuk proses selanjutnya akan mematuhi Peraturan OJK dan Peraturan BEI yang terkait akuisisi atau pengambil alihan perusahaan, termasuk akan memperhatikan peraturan OJK yang mengatur transaksi material dan/atau transaksi afiliasi.

Edi menyampaikan, sejauh ini pendapatan IBOS dari segmen makanan dan minuman terus mengalami pertumbuhan, selain perdagangan ikan yang juga secara konsisten berada dalam tren kenaikan.

 

Setidaknya, selama enam bulan pertama di 2023, IBOS mampu membukukan total pendapatan mencapai Rp 42,47 miliar atau bertumbuh 16,8%.

Baca Juga: Indo Boga (IBOS) Catat Laba Bersih Rp 4,31 Miliar pada Semester I-2023

Adapun perolehan pendapatan dari segmen F&B pada semester I-2023 sebesar Rp 13,66 miliar, tumbuh 27,4%, segmen perdagangan ikan mencapai Rp 24,48 miliar atau meningkat 15,1%, sedangkan sisanya dari segmen penyewaan kamar maupun pendapatan lain-lain.

Ia optimistis strategi ekspansi IBOS dengan mengakuisisi Javaindo Maju Sejahtera akan secara berkelanjutan mendorong pendapatan perseroan.

"Kami juga terus menjajaki sejumlah peluang untuk mengakuisisi perusahaan perusahaan yang aktivitas bisnisnya sejalan dengan kegiatan usaha IBOS," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (22/2).

Saat ini, IBOS yang dikendalikan oleh PT Goldman Investindo Sedaya, juga memiliki sejumlah anak usaha selain PT PT Sofia Berkah Abadi, yakni PT Kairos Sukses Indonesia yang bergerak di bidang perdagangan minuman beralkohol dan PT Indo Nations Harvest di bidang industri pembekuan ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×