Reporter: David Oliver Purba | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Melihat tingginya minat konsumen disegmen belanja online, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) bakal menggandeng 10 situs belanja online ternama di Indonesia pada tahun ini. JIka sebelumnya BATA telah bekerjasama dengan Zalora, dan akan bekerjasama dengan Berrybenka.com, Blibli.com, Lazada.co.id, Elevenia.com, Tokopedia.com, VIPPlaza.co.id, Mataharimall.com, Qoo10.co.id, Rakuten.co.id dan Ralali.com
Direktur BATA Hatta Tutuko menjelaskan, dari penjualan online, segmen ini mampu memberikan kontribusi pendapatan sebesar Rp 1,9 miliar di tahun 2014. Oleh karena itu dengan adanya kerjasama yang lebih banyak, maka kenaikan penjualan lebih tinggi akan dicapai. "Kami berharap kenaikan 200% dari tahun lalu untuk bisnis online ini," katanya, Jumat (28/6) akhir pekan lalu.
Di tahun 2014, Kinerja BATA terbilang cukup memuaskan. Perusahaan ini mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 11,7%. Pada 2013 penjualan Rp 902,459 miliar sedangkan di tahun 2014 menjadi Rp 1,008 triliun. Sedangkan laba perusahaan meningkat sebesar 59,51% dari laba tahun 2013 sebesar Rp 44,373 miliar menjadi Rp 70,781 miliar.
Namun sayang, pencapaian positif ini belum diikuti dengan kinerja perusahaan hingga kuartal I-2015. Pada tahun 2014, BATA mencatatkan kenaikan penjualan sebesar Rp 206,448 miliar, naik 3,25% dibanding menjadi Rp 213,160 miliar pada tahun 2015, namin laba BATA turun drastis 127,6% dari Rp 13,830 miliar menjadi Rp 585 juta di kuartal I-2015.
"Kondisi ekonomi dalam negeri yang menantang membuat penjualan kami cukup terpengaruh, optimis kuartal selanjutnya akan membaik," ungkap Francisco Ortega Direktur Keuangan BATA.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News