kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GarudaFood akan perluas ekspor ke Jepang


Senin, 19 Desember 2016 / 23:15 WIB
GarudaFood akan perluas ekspor ke Jepang


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Produsen makanan dan minuman GarudaFood akan memperluas pasar ekspor di 2017. Hal ini masuk ke dalam strategi perusahaan untuk mengejar pertumbuhan double digit tahun depan.

"Kami tahun depan temanya lebih ke fokus mengembangkan brand dan network expansion, tidak hanya domestik tapi juga luar negeri," ujar Hardianto Atmadja, CEO PT GarudaFood Putra Putri Jaya usai bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kementerian Perindustrian, Senin (19/12).

Hardianto mengatakan, GarudaFood akan memperluas ekspor ke negara-negara di Asia. "Fokusnya masih di Asia, yang baru Jepang," ujar Hardianto.

Adapun saat ini GarudaFood telah mengekspor ke 26 negara. Perinciannya, ekspor ke 14 negara di Asia, empat negara di Timur Tengah, tiga negara di Afrika, satu negara di Eropa yakni Belanda, Amerika Serikat, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Sedangkan negara yang menjadi target fokus dalam pengembangan bisnis regional yaitu Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Dari total 9 brand yang dimiliki GarudaFood, dua brand yang dilempar ke pasar ekspor baru merek Garuda dan Gery. Namun, tahun depan GarudaFood sedang mencoba mengekspor merek baru.

"Kami sedang memikirkan kemungkinan mengekspor Chocolatos tahun depan. Belum kami putuskan tapi kamu mau mencoba ekspor ke ASEAN," ujar Hardianto.

Hardianto mengatakan, wafer cokelat Chocolatos sebenarnya sudah diekspor tapi dengan menggunakan brand Gery. "Sebelumnya Chocolatos sub brand dari Gery," ujar Harianto.

Pasar susu

Untuk pasar domestik, GarudaFood akan mengembangkan produk susu kemasannya, yakni Clevo. November lalu GarudaFood telah meluncurkan variasi baru dari susu kemasan Clevo, yakni Clevo Smoothy, minuman susu rasa buah dengan nata de coco.

Rencananya tahun depan perusahaan akan semakin gencar memasarkan produk baru ini. "Susu campur partikel nata de coco itu hanya Clevo di Indonesia. Bahkan di dunia tidak banyak," ujar Hardianto.

Clevo Smoothy yang memiliki dua varian rasa yakni Strawberry Blackcurrant dan Lychee Peach ini dirancang untuk menyasar segmen remaja yang selama ini belum dimasuki GarudaFood. "Dulu kami hanya masuk ke segmen anak-anak. Untuk remaja, kami buatkan Clevo Smoothy yang rasanya lebih berani dengan campuran partikel nata de coco," ujar Hardianto.

Selain menciptakan inovasi rasa baru, GarudaFood menyasar segmen remaja dengan mendesain kemasan Clevo yang berbeda dengan isi yang lebih banyak, yakni 200 mililiter (ml). Clevo dengan kemasan 200 ml memiliki varian rasa cokelan dan strawberry. "Untuk anak-anak 125 ml, untuk remaja kami launching yang 200 ml," kata Hardianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×