kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Gandeng LOGOS, Astra International (ASII) Kembangkan Bisnis Gudang Logistik Modern


Senin, 28 Maret 2022 / 15:19 WIB
Gandeng LOGOS, Astra International (ASII) Kembangkan Bisnis Gudang Logistik Modern
ILUSTRASI. Logo PT Astra International Tbk (ASII)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) bersama Hongkong Land melalui Astra Land Indonesia (ALI) membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV) dengan LOGOS SE Asia Pte Ltd.

Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti menyampaikan, Astra Group bersama Hongkong Land melalui ALI dan LOGOS berupaya untuk mengelola dan mengembangkan fasilitas pergudangan logistik modern. Hal ini sebagai bagian dari upaya Astra untuk berperan dalam pengembangan sektor logistik di Indonesia.

Sekadar catatan, Astra Land Indonesia merupakan perusahaan JV antara PT Menara Astra (Astra Property) dengan Hongkong Land dengan porsi kepemilikan saham masing-masing sebanyak 50%. Sementara itu, ALI dan LOGOS masing-masing memiliki porsi saham sebesar 50% dalam JV yang dibentuk oleh keduanya.

LOGOS sendiri merupakan perusahaan spesialis logistik yang tumbuh di wilayah operasional yang meliputi Australia, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Jepang. LOGOS hadir di Indonesia sejak 2017 silam dengan beberapa portofolio gudang modern seperti di Cibitung, Cileungsi, Cikarang, dan Pondok Ungu.

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra International (ASII) Mencapai 43.023 Unit pada Februari 2022

 

 

Sayangnya, Manajemen ASII belum bisa bicara banyak perihal dampak pembentukan JV tersebut terhadap prospek kinerja emiten tersebut. “Masih terlalu dini untuk mengomentari hal ini,” imbuh Tira, Senin (28/3).

Yang terang, di tahap awal kerja sama, perusahaan JV antara ALI dan LOGOS akan mulai menjajaki peluang bisnis pergudangan logisitik modern dengan fokus di wilayah Jabodetabek. “Kami berencana untuk membangun JV secara jangka panjang dengan LOGOS,” tandas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×