kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Gandeng Amsterdam Shipyards, Humpuss Intermoda (HITS) Ekspansi Bangun Kapal Keruk


Kamis, 02 Juni 2022 / 13:54 WIB
Gandeng Amsterdam Shipyards, Humpuss Intermoda (HITS) Ekspansi Bangun Kapal Keruk
ILUSTRASI. Logo di kapal PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelayaran, PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menjalin kerja sama dengan dengan perusahaan jasa pembangunan kapal keruk asal Belanda, yakni Amsterdam Shipyards B.V (ASY).

Adapun perjanjian kerja sama tersebut diteken oleh Chief Executive Officer ASY Arnold Den Boon dan Direktur Utama HITS Kemal Imam Santoso. Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di Belanda pada 31 Mei 2022.

Kemal menjelaskan mekanisme perjanjian ini, bahwa HITS melalui salah satu anak usahanya, PT Humpuss Maritim (HUMI) akan membangun kapal TSHD (Trailing Suction Hopper Dredgers). Kemudian menunjuk ASY sebagai pihak yang membangun, commissioning, dan pengiriman atas kapal tersebut ke Indonesia.

Baca Juga: Kuartal I 2022, Humpuss Intermoda Transportasi (HITS) Bukukan Kinerja Ciamik

Pekerjaan pembangunan kapal, pengujian, dan uji coba akan dilakukan di galangan kapal milik ASY di Amsterdam, Belanda, dengan kapasitas muat material antara 3.000-4.000 m3. Rencananya, proyek ini akan mulai dilaksanakan pada tahun ini.

“Sesampainya saya di Indonesia, secara teknis kami akan diskusi secara intensif untuk pelaksanaannya baik dari sisi teknis maupun komersial,” papar Kemal dalam keterangannya, Kamis (2/6).

Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri yang terus meningkat, lanjut Kemal, kerja sama dengan ASY dengan pengadaan kapal keruk jenis TSHD ini juga sebagai bentuk transfer teknologi ke awak kapal Indonesia.

 

 

Di sisi lain, hingga 31 Maret 2022, HITS mampu meraup pendapatan usaha sebenar US$ 25,74 juta. Realisasi ini melonjak 43,91% secara year-on-year (yoy) dari US$ 17,89 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Solidnya posisi topline masih ditopang oleh segmen bisnis jasa sewa kapal milik HITS. Secara rinci, jasa sewa kapal gas alam cair memberikan kontribusi sebesar US$ 7,78 juta pada triwulan I-2022. Hingga akhir Maret 2022, Perseroan berhasil memperoleh laba bersih sebesar US$ 3,36 juta, dimana sebelumnya Perseroan mencatat rugi bersih senilai US$ 730.979 pada kuartal I-2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×