kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gagal Diakusisi Entitas Happy Hapsoro, Fortune (FORU) Umumkan Calon Pembeli Baru


Kamis, 22 Februari 2024 / 17:40 WIB
Gagal Diakusisi Entitas Happy Hapsoro, Fortune (FORU) Umumkan Calon Pembeli Baru


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. IMR Asia Holding Pte. Ltd. berencana untuk mengakuisisi PT Fortune Indonesia Tbk (FORU). Untuk bisa mengeksekusi aksi korporasi ini, kedua pihak masih dalam proses negosiasi.

Sekretaris Perusahaan Fortune Indonesia Sari Dewi menjelaskan IMR Asia Holding Pte. Ltd. akan mengambil alih saham FORU dari PT Karya Citra Prima yang merupakan pengendali emiten jasa komunikasi ini. 

"Perseroan menerima pemberitahuan tertulis dari IMR Asia Holding Pte. Ltd. sehubungan dengan negosiasi yang sedang berlangsung," jelas dia dalam keterbukaan informasi, Kamis (12/2). 

Rencananya, IMR Asia Holding Pte. Ltd. akan mengambil seluruh saham milik PT Karya Citra Prima sebanyak-banyaknya 386.137.000 saham. Ini setara dengan 83% dari saham yang telah dikeluar FORU. 

Baca Juga: FORU Incar Kenaikan Pendapatan hingga 40% di Tahun 2024

Jika rencana akuisisi mencapai kesepakatan, maka FORU akan memiliki pengendali baru, yakni IMR Asia Holding Pte. Ltd. sebuah perusahaan investasi yang berbasis Singapura. 

Padahal sempat beredar kabar bahwa, FORU bakal diakuisisi oleh perusahaan milik Hapsoro Sukmonohadi alias Happy Hapsoro, yang merupakan menantu Megawati Soekarnoputri.

Pada 29 Januari 2029 dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Sari Dewi manajemen telah melakukan konfirmasi kepada pemegang saham mayoritas mengenai kemungkinan adanya transaksi tertentu yang akan dilakukan. 

"Pemegang saham mayoritas menyampaikan bahwa mereka tidak memiliki rencana korporasi yang belum dipublikasikan serta dapat mempengaruhi kepemilikan sahamnya di Perseroan dalam waktu tiga bulan mendatang," kata dia dalam penjelasannya. 

Jika ditarik ulur ke tahun 2022, muncul pengumuman resmi dari media cetak soal rencana pengambilalihan FORU dari PT Karya Citra Prima yang merupakan bagian dari Rajawali Group yang dimiliki oleh Peter Sondakh.

Dalam pengumuman itu, PT Energi Melayani Negeri akan membeli seluruh saham FORU milik PT Karya Citra Prima sebanyak 415.222.000 saham atau setara dengan 89,25% dari total saham beredar (outstanding).

Baca Juga: Fortune Indonesia (FORU) Catat Pendapatan Rp 12,99 Miliar di Kuartal I-2023

PT Energi Melayani Negeri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi bersih yang menyediakan produk energi terbarukan. Adapun 99,99% saham PT Energi Melayani Negeri dimiliki oleh PT Basis Utama Prima. 

Perusahaan yang biasa dikenal dengan nama Basis Investment itu sendiri 99,99% sahamnya dimiliki Happy Hapsoro, suami Puan Maharani. Sementara, sisanya kepemilikan di Basis Investment dikempit oleh PT Mohammad Mangkuningrat.

Adapun hingga akhir perdagangan Kamis (22/2), FORU menguat 9,80% atau naik 50 poin ke level Rp 560 per saham. Sepanjang tahun berjalan ini, FORU telah melesat 314,82%. 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×