kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fundamental menentukan rating emiten


Senin, 09 Oktober 2017 / 21:19 WIB
Fundamental menentukan rating emiten


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih kenaikan rating dari beberapa lembaga pemeringkat.

Terbaru, Pefindo mengerek peringkat PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Rating anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT)itu dinaikan dari sebelumnya idA+ naik menjadi idAA-. Rating tersebut berlaku baik untuk perusahaan dan Obligasi I Tahun 2016. Ini artinya outlook terhadap peringkat perusahaan menjadi stabil.

"Ketika ekonomi membaik, fundamental perusahaan secara umum memang akan mengikutinya," ujar Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer, Senin (9/10).

Namun, penting juga untuk memperhatikan faktor lain. INDY misalnya. Nico bilang, upgrade atas rating INDY juga karena industri sektor batubara kembali kondusif.

David Sutyanto, analis First Asia Capital menambahkan, selain rating negara, kondisi fundamental perusahaan juga menjadi salah satu penentu naik atau tidaknya rating, baik untuk perusahaan maupun obligasi yang diterbitkan.

Jika rating yang disematkan adalah untuk obligasinya, maka hal tersebut menunjukan kemampuan penerbit obligasi dalam pembayaran bunga. Sementara, rating yang disematkan untuk perusahaan salah satunya menunjukan prospek, terutama kekuatan arus kas perusahaan yang bersangkutan.

"Jangan sampai arus kasnya hanya cukup membayar obligasi existing tapi menjadi tidak bisa berekspansi karena terbebani oleh obligasi itu," jelas David.

Oleh sebab itu, rating juga sangat menentukan kelancaran emiten untuk menerbitkan instrumen surat utang di kemudian hari.

Nico juga menilai, kenaikan rating perusahaan menunjukan bahwa fundamentalnya membaik. "Dengan kata lain, kondisi keuangannya menjadi lebih sehat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×