Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) turut hadir dalam gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2025 yang berlangsung sejak 19 Juni hingga 13 Juli 2025. Ajang ini menjadi momentum bagi AISA untuk memperkenalkan produk makanan ringan Taro yang kini memiliki dua varian baru, yakni Taro Net Cheesy Mexican Jalapeno dan Taro Tempe Sambal Matah.
Riza Arief Rahman, VP-Head of Marketing FKS Food Sejahtera mengatakan, dua rasa baru yang ditawarkan Taro dikembangkan oleh AISA berdasarkan riset yang mendalam. Dari riset itu, AISA menyadari bahwa konsumen dewasa menginginkan cita rasa yang lebih kuat dan berbeda.
Lantas, Taro Net Cheesy Mexican Jalapeno merupakan kombinasi rasa gurih keju lumer dan Jalapeno Mexico yang memiliki cita rasa pedas eksotis, hadir sebagai varian unik dan seru tiada tara serta belum ada di pasaran.
Baca Juga: FKS Food (AISA) Genjot Pertumbuhan Pasar Anak Muda lewat Rebranding Bihunku
Di sisi lain, Taro Tempe Sambal Matah adalah wujud kekayaan kuliner lokal dari Bali yang dikombinasikan dengan keripik tempe sebagai ikon camilan khas Indonesia. Sebelum PRJ 2025 berlangsung, kedua varian baru Taro ini sebenarnya sudah lebih dahulu diluncurkan pada bulan Maret-April 2025 ldan mendapat respons yang sangat baik dari masyarakat.
Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap dua varian baru Taro tersebut, AISA menggelar lomba makan atau mukbang di PRJ 2025 yang diikuti oleh para peserta PRJ. Sebanyak 15 peserta terpilih dari puluhan pendaftar ikut berkompetisi dalam tiga sesi mukbang yang digelar pada Sabtu (5/7) pekan lalu.
"Antusiasme peserta yang ingin ikut kompetisi mukbang membuktikan bahwa makan Taro dalam jumlah banyak tetap terasa nikmat dan menyenangkan,” ujar Riza dalam siaran pers yang diterima Kontan, Sabtu (12/7).
AISA tidak hanya menggelar mukbang Taro, melainkan juga menghadirkan Tarolicious yang merupakan sajian Taro dengan campuran berbagai topping daging, makaroni, sayuran, saus dan bumbu.
Riza pun mengungkapkan bahwa kesadaran (awareness) konsumen terhadap mereka Taro sudah cukup kuat, mengingat merek ini sudah hadir di Indonesia selama 40 tahun. Namun, konsumen Taro cenderung hanya menikmati varian rasa yang sudah ada selama ini, seperti Taro rasa Corn, Seaweed, Potato, Pizza, dan Cheese Blast. Sekarang, Taro punya dua varian rasa baru yang akan membuat pasar merek ini menjadi lebih luas, terutama di kalangan orang dewasa.
“Inovasi dua rasa baru ini supaya orang dewasa merasa bahwa makan Taro itu masih relevan buat mereka dan memunculkan kembali jiwa petualangan anak-anak pada masa dulu yang mungkin pernah hilang,” ungkap Riza.
Baca Juga: FKS Food (AISA) Intip Peluang dari Efek Kucuran Stimulus Ekonomi
Dwiki Akbar Sukmadi Candra, Senior Brand Manager Taro FKS Food Sejahtera menambahkan, ajang PRJ 2025 menjadi wadah penting dan strategis bagi perusahaan untuk membangun pengalaman langsung dengan para konsumen.
Melalui kompetisi mukbang ini, AISA mencoba memberi pengalaman yang bisa membangkitkan rasa penasaran dan keinginan konsumen untuk mencoba produk baru yaitu Taro Net Cheesy Mexican Jalapeno dan Taro Tempe Sambal Matah.
Lomba mukbang dengan hadiah total Rp 5 juta bagi para pemenang ini dianggap menjadi sarana yang tepat untuk menunjukkan bahwa Taro dengan berbagai cara penyajiannya tetap dapat dinikmati oleh banyak masyarakat.
"Dua varian ini mencerminkan kolaborasi rasa dunia yaitu Mexican Jalapeno yang pedas dan kuliner nusantara yaitu Sambal Matah dari Bali. Tapi uniknya, walaupun pedas tetap enak dinikmati,” jelas dia.
Sebagai informasi, pada kuartal I-2025, AISA membukukan penjualan neto sebesar Rp 481,48 miliar atau tumbuh 4,5% secara year on year (yoy). Segmen makanan ringan mendominasi penjualan neto AISA pada tiga bulan pertama 2025 yakni Rp 288,79 miliar. Adapun segmen makanan pokok memberi kontribusi penjualan sebesar Rp 192,69 miliar.
Bersamaan dengan itu, AISA turut mencetak kenaikan laba bersih sebesar 222% yoy menjadi Rp 34,94 miliar.
Selain Taro, AISA juga memiliki beberapa produk makanan lainnya seperti Mie Kremezz, Bihunku, Mie Superior, Mie Cap Ayam 2 Telor, dan Bihun Cap Tanam Jagung.
Selanjutnya: Kumpulan Ucapan Hari Koperasi Nasional 2025 yang Cocok Untuk Media Sosial
Menarik Dibaca: Bra Terlalu Longgar? Ini 5 Efek Samping yang Harus Diketahui
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News