kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch sematkan rating AA(idn) untuk obligasi WOMF


Senin, 12 Mei 2014 / 13:45 WIB
Fitch sematkan rating AA(idn) untuk obligasi WOMF
ILUSTRASI. Promo Traveloka Akhir Tahun s.d 8 Jan 2022, Diskon Tiket Kereta Api Hingga Rp100.000


Reporter: Christine Novita Nababan, Veri Nurhansyah Tragistina | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Lembaga pemeringkat, Fitch Ratings memberikan peringkat utang jangka panjang nasional (national long-term rating) "AA(idn)" atas obligasi bertenor tiga tahun yang diterbitkan oleh PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF).

Bersamaan dengan itu, Fitch juga menyematkan peringkat utang jangka pendek nasional (national short-term rating) "F1+(idn)" atas obligasi bertenor 370 hari dari emiten pembiayaan yang biasa disebut WOM Finance itu.

Stefanus Yuniardhi, Analis Fitch dalam keterangan resmi, Senin (12/5), menjelaskan, peringkat "AA" mencerminkan ekspektasi atas rendahnya risiko relatif obligasi WOM Finance mengalami gagal bayar (default) jika dibandingkan dengan penerbit surat utang lain di Indonesia.

Tapi, Fitch memberi catatan, perubahan kondisi ekonomi bisa saja mempengaruhi kemampuan WOM Finance untuk membayar obligasi tersebut. Adapun peringkat "F1" mengindikasikan kapasitas keuangan relatif WOM Finance untuk membayar obligasi secara tepat waktu.

WOM Finance memang berniat menerbitkan obligasi senilai Rp 600 miliar guna mendorong pertumbuhan bisnis pembiayaan. Jumlah tersebut merupakan tranche pertama dari rencana penerbitan obligasi WOM Finance yang senilai Rp 3 triliun.

Nah, obligasi tranche pertama WOM FinanceĀ  akan memiliki 2 seri. Seri A yaitu berjangka waktu 370 hari kalender dan memiliki tanggal jatuh tempo 30 Juni 2015. Kemudian, seri B akan memiliki tenor yang lebih panjang yakni 3 tahun, dan jatuh tempo 20 Juni 2017.

WOM Finance akan membayarkan bunga obligasi kepada investor setiap 3 bulan. Adapun, pembayaran bunga perdananya akan dilakukan pada 20 September mendatang. Obligasi anak usaha PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BNII) ini memasuki masa penawaran awal di 13 Mei sampai 2 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×