kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten ritel ini perkuat penjualan online demi bertahan dari tekanan pandemi corona


Rabu, 15 Juli 2020 / 07:45 WIB
Emiten ritel ini perkuat penjualan online demi bertahan dari tekanan pandemi corona


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona yang belum kunjung surut membuat emiten yang bergerak di sektor ritel mencari cara untuk bertahan. Salah satunya dengan memperkuat penjualan  secara daring (online).

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (14/7), Miranti Hadisusilo Corporate Secretary and Legal Director  PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) mengatakan, salah satu cara untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah dengan meluncurkan Matahari Official Shop yang merupakan kolaborasi eksklusif dengan salah satu  perusahaan e-commerce yang memiliki jangkauan pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, konstituen Indeks Kompas100 ini juga meningkatkan sumber daya untuk melayani permintaan  di laman Matahari.com yang meningkat.

Baca Juga: Ini strategi MAP Boga Adiperkasa (MAPB) jaga bisnis di 2020

Hal serupa juga dilakukan oleh pesaing LPPF, yakni PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Mengutip keterbukaan informasi di laman BEI, untuk mempertahankan kelangsungan usaha di tengah pandemi, RALS mendorong penjualan secara online melalui website, aplikasi pesan singkat Whatsapp, dan partner e-commerce terbesar di Indonesia. RALS juga berfokus pada penjualan supermarket yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat

Corporate Secretary PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) Helen Tanzil juga mengatakan salah satu strategi yang digunakan ACES untuk mempertahankan kinerja adalah menggenjot penjualan secara daring (online) melalui ACE online atau di Ruparupa.com. “ACES juga memberikan promo gratis ongkos kirim untuk pelanggan yang belanja melalui ACE Online,” ujar Helen kepada Kontan.co.id, Selasa (14/7).

Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso menilai, peningkatan penjualan secara online bisa menjadi strategi khusus bagi para emiten saat ini. Aria mengatakan, ada potensi perbaikan kinerja bagi emiten ritel di tengah pemulihan berbagai bidang bisnis.

Hanya saja, emiten ritel masih menghadapi tantangan secara psikologis karena masyarakat masih dibayangi kekhawatiran akan pandemic Covid-19.

Baca Juga: Mengejar ketertinggalan, Ace Hardware (ACES) menggenjot penjualan offline dan online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×