kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,11   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten kertas bisa diuntungkan momentum pemilu


Kamis, 04 Januari 2018 / 20:53 WIB
Emiten kertas bisa diuntungkan momentum pemilu


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua saham emiten kertas di Bursa Efek Indonesia (BEI) menggeliat liar. Bila Indeks Harga Saham Gabungan (HSG) bertumbuh 19,99% sepanjang tahun 2017, kedua saham ini tumbuh lebih dari 300%.

Dua emiten tersebut adalah PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP). Saham INKP tumbuh 465,44% dan TKIM tumbuh 300%.

Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia menambahkan, secara momentum emiten kertas tahun ini akan diuntungkan. Hal ini tak lain karena adanya sentimen menjelang kontestasi politik pemilihan umum serentak.

Sehingga diharapkan bisa mendongkrak permintaan kertas. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi alasan saham ini melanjutkan kenaikan.

"Saat ini, INKP memiliki PE 6,57 kali dan TKIM memiliki PE 22,8 kali. INKP lebih murah dari TKIM," kata Bertoni kepada KONTAN, Kamis (4/1).

Dia menambahkan, pada sisi teknikal saham TKIM dapat diakumulasi beli pada level support terdekat 2.720. Sementara, peluang teknikal rebound dengan jual pada level 3.220.

Untuk saham INKP, momentum masih relatif mahal. Sebaiknya, akumulasi pada level support 5.150 dan potensi jual pada level 5.800. "PER wajar kedua emiten 14 kali," tambahnya.

Dia menambahkan, prospek industri kertas juga masih baik. TKIM dan INKP merupakan produsen kertas yang banyak diminati oleh beberapa negara dan juga dalam negeri.

Proyeksi bisnis kertas masih bagus, seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi negara. "Hal tersebut akan berpotensi meningkatkan permintaan masyarakat," imbuhnya.

Sebab, hal tersebut sejalan dengan meningkatnya aktivitas bisnis yang tengah berkembang. Di antaranya yang tidak luput dari penggunaan kertas. Meski kini berada di tengah-tengah ancaman antara lain tumbuhnya penggunaan elektronika paper, dan laptop sebagai pengganti buku tulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×