Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) mengakuisisi 619,42 juta saham PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM). Jumlah tersebut setara dengan 9,09% dari modal ditempatkan dan disetor penuh di RAAM.
MSIN akan mencaplok saham baru yang diterbitkan RAAM melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alas private placement pada 23 September 2024.
MSIN akan membeli saham RAAM pada harga pelaksanaan sebesar Rp 500 per saham. Dus, emiten rumah produksi milik Hary Tanoesoedibjo akan menggelontorkan dana sebesar Rp 309,71 miliar.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan akuisisi RAAM oleh MSIN merupakan pencapaian penting dalam upaya untuk memperluas operasi MNC Group di sektor media dan hiburan Indonesia.
Baca Juga: MNC Digital (MSIN) Akan Menyuntik Dana Rp 309,7 Miliar ke Tripar Multivision (RAAM)
"Bersama-sama, perusahaan kami akan berusaha untuk lebih meningkatkan kepemimpinan kami tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri," kata Hary dalam keterangan resmi, Jumat (13/9).
Menurutnya, RAAM terkenal karena selalu menetapkan tren dan dapat mengantisipasi masa depan hiburan. Maka dari itu, MNC Group ingin terus mendorong pertumbuhan industri kreatif bersama RAAM.
Pasca-akuisisi, ada beberapa kolaborasi atau sinergi strategi yang akan MSIN dan RAAM. Pertama, MSIN dan RAAM berpotensi mendominasi pembuatan dan distribusi konten di semua platform media.
Kedua, dengan proyek Movieland di KEK Lido. Di mana, MSIN dan RAAM bisa memanfaatkan Movieland sebagai fasilitas produksi utama, yang akan mengurangi beban produksi secara signifikan.
Baca Juga: Emiten Menggelar Stock Split Agar Saham Menjadi Likuid
Ketiga, MSIN dan RAAM masing-masing adalah pemimpin di industri FTA TV dan bioskop. Hary Tanoe bilang dengan berbagai keahlian, MSIN dan RAAM akan meningkatkan kualitas penawaran.
Keempat saluran monetisasi yang beragam. Nantinya, MSIN akan menambahkan akan menawarkan peluang monetisasi tambahan untuk konten RAAM di TV FTA, TV Berbayar, OTT dan media sosial.
"Sebaliknya, bioskop milik RAAM di Indonesia akan memberikan MSIN lebih banyak peluang untuk memonetisasi film-filmnya melalui perilisan film," jelasnya Hary Tanoe.
Kelima, adanya inisiatif kolaborasi lainnya. Seperti, kolaborasi lebih lanjut dalam pemasaran, promosi, dan operasi akan menghasilkan manfaat bagi MSIN dan RAAM.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News