kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi membaik, minat pencarian dana di pasar modal semakin ramai


Selasa, 07 September 2021 / 13:21 WIB
Ekonomi membaik, minat pencarian dana di pasar modal semakin ramai
ILUSTRASI. BEI mencatat total ratusan triliun rencana penerbitan surat utang dan saham lewat IPO dan rights issue.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat pencarian dana di pasar modal Indonesia masih tinggi. Pencarian dana ini berasal dari penerbitan saham melalui initial public offering (IPO), rights issue, maupun penerbitan obligasi dan sukuk.

Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan, hingga 3 September 2021, pihaknya mengantongi 30 perusahaan dalam pipeline IPO. Perkiraan total dana IPO yang dihimpun 30 calon emiten ini mencapai Rp 9,6 triliun. 

Sementara untuk obligasi dan sukuk, saat ini sudah 26 emisi dari 17 perusahaan yang berada di pipeline. Total emisi obligasi maupun sukuk yang direncanakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut sebesar Rp 24,84 triliun. 

Selain itu, emiten yang bermaksud menerbitkan saham dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue, berjumlah 44 perusahaan dalam pipeline BEI. Adapun total dana rights issue yang direncanakan sebesar Rp 116,57 triliun. 

Baca Juga: Bertenaga, rupiah terus menguat ke Rp 14.191 per dolar AS pada tengah hari ini (7/9)

Berdasarkan catatan BEI atas dokumen yang disampaikan oleh emiten, sebagian besar aksi tersebut direncanakan akan tercatat di tahun 2021. 

"Kami menilai bahwa perusahaan masih antusias untuk melakukan pendanaan di pasar modal. Hal tersebut dapat dilihat dari perusahaan-perusahaan yang berada dalam pipeline BEI, jumlahnya masih relatif baik," kata Nyoman kepada wartawan, Senin (6/9).

Bahkan, dalam beberapa hari terakhir pihaknya masih menerima permohonan pencatatan saham. BEI menilai antusiasme dan optimisme terhadap pasar modal masih terjaga ditopang oleh stabilitas nasional dan pemulihan ekonomi yang masih berlanjut di tahun 2021. 

Nyoman optimistis penawaran umum saham, obligasi, dan sukuk masih terus bertumbuh ke depan. Optimisme ini tercermin dari respons pasar yang sampai saat ini positif atas penawaran umum yang dilakukan oleh calon emiten BEI. "Kami juga selalu mengupdate peraturan sesuai perkembangan pasar," imbuh dia. 

Baca Juga: IHSG berbalik melemah ke 6.123 di akhir sesi pertama, asing borong BBCA, BMRI, TLKM

Optimisme juga ditopang oleh pertumbuhan yang baik dari sisi jumlah investor. Sesuai data yang diperoleh dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor di pasar modal terus meningkat. Sampai dengan 31 Juli 2021, investor di pasar modal telah mencapai 5,8 juta investor atau meningkat 48,7% dibandingkan Desember 2020 yang masih berjumlah 3,9 juta investor.

Adapun pada tahun 2021 ini, proses penawaran umum saham telah dilakukan melalui sistem e-IPO. Dengan adanya sistem e-IPO sebagai sarana elektronik yang mendukung proses penawaran umum saham, BEI berharap dapat memberikan akses yang lebih luas dan mudah dijangkau, khususnya bagi investor retail. 

"Hal ini diharapkan juga turut mendukung pertumbuhan jumlah investor di pasar modal Indonesia dan memberikan optimisme pertumbuhan pasar modal Indonesia pada tahun-tahun mendatang," pungkas Nyoman. 

Baca Juga: GPSO dan OILS Duet ARA Saat Pencatatan Saham Perdana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×