kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Program Rekam Medis Elektronik Pemerintah, XL Axiata Gandeng Alita Praya Mitra


Senin, 11 Maret 2024 / 17:28 WIB
Dukung Program Rekam Medis Elektronik Pemerintah, XL Axiata Gandeng Alita Praya Mitra
ILUSTRASI. Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto (kanan) bersama Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya (kiri) melakukan seremoni peluncuran 'XL Axiata Akses Sehat' di Jakarta, Jumat (8/3/2024). XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) bekerja sama dengan Alita Praya Mitra (Alita) meluncurkan XL Axiata Akses Sehat, layanan konektivitas dan solusi pintar yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan. Foto: DOK.?XL Axiata dan PT Alita Praya Mitra


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang rekam medis. Kebijakan tersebut mewajibkan fasilitas layanan kesehatan  menjalankan sistem pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik yang terintegrasi dengan platform SatuSehat Kemenkes.

Maka, XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions menggandeng Alita Praya Mitra meluncurkan XL Axiata Akses Sehat. Ini adalah layanan konektivitas dan solusi pintar yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan. 
 
Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menjelaskan, sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia, khususnya dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan di faskes. "Solusi XL Axiata Akses Sehat yang kami tawarkan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung program inklusi akses internet dan layanan kesehatan yang lebih baik," terang Feby, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (11/3).
 
Sementara itu, Group Head Enterprise Product and Marketing XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz menyebut, solusi XL Axiata Akses Sehat adalah peran aktif XL Axiata dalam mendorong digitalisasi di sektor kesehatan melalui pemanfaatan teknologi terintegrasi. XL Axiata Akses Sehat merupakan kolaborasi antara konektivitas internet dan solusi pintar dalam satu bundle untuk meningkatkan aksesibilitas dan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Kemenkes Resmi Luncurkan Rekam Medis Elektronik Terintegrasi SATUSEHAT
 
Teknologi memegang peranan krusial dalam menyediakan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, XL Axiata Business Solutions bersama Alita, perusahaan sistem integrator penyedia solusi pintar berbasis kecedasan buatan dan internet of things (AIoT), mewujudkan ekosistem yang mendukung kesehatan, ekonomi, dan pertumbuhan digital secara keseluruhan.
 
Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya memaparkan,  koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan modal utama dalam pertumbuhan ekonomi digital. Penggunaan solusi kesehatan tidak hanya di rumah sakit, juga  di fasilitas kesehatan lain, seperti puskesmas dan posyandu. "Alita berkomitmen terus berkolaborasi menciptakan solusi yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Teguh. 

Staf Ahli bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji mengatakan, solusi XL Axiata Akses Sehat ini diharapkan meningkatkan secara signifikan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di seluruh negeri.  "Solusi cerdas yang mereka tawarkan integrasi informasi efisien antara penyedia layanan kesehatan dan pasien menjadi lebih mungkin, membuka pintu bagi perawatan yang lebih terkoordinasi dan efektif," kata Setiaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×