kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,74   -8,61   -0.92%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dongkrak kinerja tahun 2020, begini upaya yang akan dilakukan Aneka Tambang (ANTM)


Minggu, 05 Januari 2020 / 15:53 WIB
Dongkrak kinerja tahun 2020, begini upaya yang akan dilakukan Aneka Tambang (ANTM)
ILUSTRASI. Pramuniaga menunjukkan emas batangan untuk investasi di sebuah gerai emas di Malang.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan tambang mineral, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terus mengupayakan berbagai peluang untuk memperbaiki kinerjanya di tahun ini.

Asal tahu saja, hingga kuartal III-2019 lalu, ANTM mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 13% (yoy) menjadi Rp 24,54 triliun. Namun, laba bersih perusahaan justru terkoreksi 11% (yoy) menjadi Rp 631,13 miliar.

Senior Vice President Corporate Secretary PT Aneka Tambang Tbk Kunto Hendrapawoko mengaku, pihaknya belum bisa membeberkan proyeksi pertumbuhan kinerja keuangan secara pasti di tahun 2020. Yang pasti, ANTM akan berusaha mempertahankan dan memperbaiki kekurangan kinerjanya di tahun ini.

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) tidak masalah dengan larangan ekspor biji nikel

ANTM akan memaksimalkan performa kinerja dari tiga komoditas utamanya, yakni emas, nikel, dan bauksit.

Untuk emas, ANTM berupaya melakukan inovasi pada produk logam mulia. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu yang mana ANTM meluncurkan beberapa varian produk emas guna meningkatkan nilai tambah bagi para konsumennya.

“Kami berupaya memberi edukasi pentingnya investasi emas Logam Mulia yang bersifat save haven bagi pelanggan,” ungkap Kunto akhir pekan lalu.

ANTM juga berusaha meningkatkan kinerja komoditas emas di sektor hulu. Emiten ini tengah fokus menggarap proyek tambang emas di Ciarinem yang terletak di kaki Gunung Salak, Jawa Barat. 

Kunto bilang, tambang emas ini sedang dalam tahap pelaksanaan mine block test (MBT) atau pengujian kelayakan penambangan di suatu wilayah.

Komoditas emas memang masih menjadi kontributor utama bagi pendapatan ANTM sejauh ini. Secara umum, per kuartal tiga lalu, ANTM mampu menjual 858.810 ons troi emas atau naik 19% (yoy).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×