kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.528.000   8.000   0,53%
  • USD/IDR 16.240   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.037   -29,18   -0,41%
  • KOMPAS100 1.050   -5,14   -0,49%
  • LQ45 825   -5,35   -0,64%
  • ISSI 214   -0,85   -0,40%
  • IDX30 423   -1,15   -0,27%
  • IDXHIDIV20 514   0,87   0,17%
  • IDX80 120   -0,69   -0,57%
  • IDXV30 125   1,36   1,09%
  • IDXQ30 142   0,26   0,18%

Ditopang data, pendapatan XL Axiata tumbuh 4% pada kuartal I-2018


Senin, 14 Mei 2018 / 11:52 WIB
Ditopang data, pendapatan XL Axiata tumbuh 4% pada kuartal I-2018
ILUSTRASI. Direksi dan Komisaris XL Axiata usai RUPS di Jakarta


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT XL Axiata Tbk (EXCL) kuartal I-2018 masih tumbuh seiring pertumbuhan layanan data. Pada kuartal I-2017 layanan data mengkontribusi 77% terhadap total pendapatan layanan, dibandingkan periode yang sama tahun sebesar 63%.

Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk mengatakan pada kuartal I-2018, EXCL berhasil meraih pendapatan Rp 5,5 triliun, naik 4% dibanding periode yang sama tahun lalu yang didorong meningkatnya pertumbuhan layanan data. Inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data, telah berhasil mendorong pertumbuhan layanan data sebesar 29% year on year (yoy) di kuartal I-2018.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari tetap berfokusnya kami pada strategi untuk memperkuat proposisi layanan data melalui penerapan dual-brand yang disertai dengan penguatan jaringan secara berkelanjutan termasuk pembangunan jaringan data secara massif di luar Jawa," ujar Dian dalam siaran pers, Senin (14/5).

Meski begitu, pada kuartal I-2018 perusahaan hanya mencatatkan laba bersih sebesar Rp 15,43 milliar, turun 66,81% dari periode yang sama tahun lalu.

Strategi dual-brand juga berhasil meningkatkan pangsa pasar XL Axiata di segmen pasar yang berbeda dengan meluncurkan produk dan layanan yang inovatif di setiap segmen pasar. XL Axiata meluncurkan paket Xtra Kuota yang menawarkan tambahan kuota bagi pelanggan yang telah berlangganan paket data Xtra Combo. Untuk pelanggan AXIS, juga telah diluncurkan paket inovatif Bronet Owsem yang menawarkan manfaat tambahan kuota akses 4G bagi pelanggan yang telah berlangganan paket Bronet.

Peningkatan pendapatan data juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pelanggan yang menggunakan layanan data. Kini pelanggan XL Axiata yang telah menggunakan smartphone mencapai 74% dari total pelanggan atau sekitar 40,1 juta pelanggan, meningkat cukup signifikan sebesar 28% yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, hasil dari perluasan jaringan sepanjang kuartal I-2018, XL Axiata telah mampu menambah area yang kini terlayani layanan 4G menjadi sebanyak 373 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, meningkat dari 360 kota pada akhir tahun 2017 lalu. Total BTS 4G yang kini dimiliki oleh XL Axiata mencapai sekitar 20.000 unit. 

Untuk BTS 3G, kini telah mencapai hampir 48.000 unit di lebih dari 400 kota/kabupaten. Bertambahnya kekuatan jaringan data ini terbukti telah meningkatkan kemampuan dalam melayani peningkatan penggunaan layanan data oleh pelanggan. Total jumlah BTS yang kini dimiliki XL Axiata mencapai 105.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×