kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diterpa isu positif, saham Bank Ganesha (BGTG) terus melonjak


Senin, 14 Januari 2019 / 17:01 WIB
Diterpa isu positif, saham Bank Ganesha (BGTG) terus melonjak


Reporter: Rezha Hadyan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) ditutup dengan lonjakan sebesar 7,78% ke level Rp 97 per saham pada perdagangan Senin (14/1). Tidak ada informasi terbaru terkait fundamental yang mempengaruhi kinerja emiten perbankan ini.

Sebagai informasi, lonjakan harga saham BGTG merupakan lonjakan terbesar kedua setelah pada perdagangan Rabu (9/1) lalu berhasil naik 9,3%. Lonjakan tersebut disinyalir sebagai respon atas informasi transaksi pembelian saham BGTG oleh PT Polychem Indonesia Tbk (ADMG) sebesar 114,43 juta saham dengan Rp 9,49 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 1,03% dari keseluruhan saham BGTG.

Menurut informasi yang diperoleh dari Keterbukaan Infomasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Polychem Indonesia membeli saham BGTG dengan harga Rp 83 per saham pada 28 Desember 2018. Harga beli tersebut lebih tinggi dibandingkan harga pasar yang kala itu masih berada di level Rp 82 per saham. Tujuan pembelian saham tersebut dilakukan sebagai tambahan investasi perusahaan yang tercatat sebagai efek yang bisa ditransaksikan atau marketable securities.

Selain itu, di saat yang sama PT Equity Development Investment Tbk (GSMF) yang sahamnya juga ikut dimiliki oleh Polychem Indonesia menambah kepemilikan saham BGTG sebesar 4,28% hingga total kepemilikannya menjadi 7,72%. Equity Development Investment merupakan pemegang saham mayoritas Bank Ganesha dengan porsi kepemilikan 29,86%.

Polychem Indonesia merupakan pemegang saham terbesar kedua di Equity Development Investment sebesar 7,71%. Sedangkan untuk kepemilikan saham mayoritas masih dikuasai oleh Equity Global International Ltd dengan porsi kepemillikan 84,84%.

Harga saham BGTG selama setahun terakhir juga sempat mengalami lonjakan akibat rumor akuisisi. Bank Ganesha berulang kali dikabarkan menjadi salah satu bank kategori bank umum kelompok usaha (BUKU) II yang bakal diambilalih oleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Lonjakan terbesar akibat rumor ini terjadi pada periode Januari-Februari 2018 dimana harga saham BGTG melejit 112,94% menjadi Rp181 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×