kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Didorong pemulihan ekonomi, berikut rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)


Kamis, 03 Juni 2021 / 17:36 WIB
Didorong pemulihan ekonomi, berikut rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)
ILUSTRASI. Pengunjung bertransaksi di kasir Sogo Department Store saat berlangsung program diskon Red Hot Deals di Mal Lippo Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (25/04).


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang kuartal pertama 2021, penjualan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) masih tercatat belum pulih seutuhnya. Pada kurun waktu tersebut, MAPI membukukan pendapatan sebesar Rp 4,3 triliun atau turun 8,4% secara year on year. Walau kinerja top line masih di area negaitf, dari sisi bottom line, MAPI justru mencatatkan laba Rp 10,8 miliar atau naik 34% yoy. 

Analis BRI Danareksa Sekuritas Andreas Kenny dalam riset pada 17 Mei 2021 menuliskan, perolehan laba bersih MAPI tersebut baru memenuhi 1,9% dari proyeksi BRI Danareksa Sekuritas. Walau begitu, dia bilang, kinerja MAPI pada kuartal pertama 2021 sebenarnya dapat dimaklumi.

“Pada periode ini memang merupakan yang paling lambat bagi MAPI dan juga masih pada tahap awal pemulihan. Apalagi, pada Januari kan sempat ada pembatasan sosial yang membuat jam operasi mall berkurang, walau memasuki Februari-Maret kondisinya membaik,” ujar Kenny dalam riset.

Namun, pertanda bahwa kinerja MAPI masih sejalan dengan proyeksi disebut Kenny tercermin dari same store sales growth (SSSG). Walaupun sempat ada pembatasan sosial, SSSG MAPI pada kuartal pertama 2021 berada di level -21%. perolehan tersebut jauh lebih baik dibanding kuartal IV-2020 yang justru -35%. 

Baca Juga: Penjualan emiten Grup MAP terkikis, simak prospek sahamnya

Memasuki kuartal kedua 2021, Kenny memproyeksikan laba bersih MAPI akan mengalami rebound. Pasalnya, jumlah kunjungan ke mall kini terus meningkat, bahkan per Mei angkanya melonjak tinggi seiring adanya momen libur panjang dan hari raya idul fitri. Oleh karena itu, Kenny menilai hal tersebut akan menjadi katalis positif untuk SSSG dan penjualan MAPI. 

Dia memproyeksikan, pertumbuhan kinerja top line maupun bottom line MAPI akan mencapai double digit pada kuartal kedua 2021. Kinerja retailer ini berpotensi untuk kembali ke level seperti sedia kala seiring semakin masifnya program vaksinasi pada paruh kedua tahun ini. 

Sementara analis Henan Putihrai Sekuritas Silvia Loren Budiman mengatakan, prospek MAPI ke depan cukup menarik. Dari sisi kinerja, bottom line MAPI sudah berada di area positif sejak kuartal keempat 2020.

Baca Juga: MAP Boga (MAPB) catat rugi bersih Rp 22,83 miliar di kuartal I-2021, ini penyebabnya




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×