kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Dibayangi Kenaikan Harga Gandum, Laba Nippon Indosari (ROTI) Naik Dobel Digit


Selasa, 26 Juli 2022 / 15:49 WIB
Dibayangi Kenaikan Harga Gandum, Laba Nippon Indosari (ROTI) Naik Dobel Digit
ILUSTRASI. Laba bersih Nippon Indosari (ROTI) meningkat 12,71% menjadi Rp 137,28 miliar di semester pertama 2022.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen roti merek Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) mencatatkan pertumbuhan pendapatan sekaligus laba bersih meski diterpa kenaikan harga gandum. 

Direktur Nippon Indosari Corpindo, Arlina Sofia mengungkapkan ROTI mampu menunjukkan kemampuan pengelolaan biaya produksi di tengah terpaan kenaikan harga komoditas. 

ROTI melaporkan laba kotor Rp 920,1 miliar pada semester pertama 2022. Laba kotor masih meningkat 8% kendati biaya bahan baku dan kemasan melonjak sekitar 31,6% yoy. 

Baca Juga: Penjualan Meningkat, Laba Bersih Nippon Indosari Corpindo (ROTI) Mengembang 12,71%

Adapun laba bersih ROTI mencapai Rp 137,28 miliar di semester pertama 2022. Realisasi ini tumbuh 12,71% dari Rp 121,79 miliar. 

"Kami berkeyakinan industri roti khususnya segmen mass-produced masih sangat prospektif dikembangkan di Indonesia," kata Arlina dalam keterangannya, Selasa (26/7). 

Berdasarkan pemetaan operasional, penjualan wilayah barat mencapai Rp 267,73 miliar atau tumbuh 22,17% secara tahunan. Sementara di wilayah timur, penjualan ROTI tumbuh 17,89% yoy menjadi Rp 530,42 miliar. 

Sedangkan, wilayah tengah masih menjadi kontributor penjualan terbesar terhadap perseroan. Per Juni 2022, penjualan di wilayah tengah mencapai Rp 992,62 miliar atau tumbuh 11,94% yoy.

Baca Juga: DNET Kawal Agenda Ekspansi Anak Usaha: FiberStar, KFC, ROTI Hingga Indomaret

Arline menyebut, pertumbuhan penjualan ROTI terjadi di wilayah Barat dan Timur Indonesia adalah hasil strategi Sari Roti untuk memperluas distribusi. 

"Ini merupakan hasil positif dari strategi perusahaan memperluas sebaran distribusi serta membangun pabrik baru di Batam, Gresik, Balikpapan, dan Banjarmasin beberapa tahun belakangan ini," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×