kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di tengah pandemi, Sotheby lelang online karya seni dengan target US$ 20 juta


Jumat, 08 Mei 2020 / 16:08 WIB
Di tengah pandemi, Sotheby lelang online karya seni dengan target US$ 20 juta


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sotheby akan mengadakan lelang musim semi di dunia maya untuk pertama kalinya. Penjualan barang seni kontemporer dan impresionis modern ini ditargetkan bisa meraih penjualan lebih dari US$ 20 juta.

Target penjualan ini cukup ambisius di tengah perintah lockdown untuk membendung penyebaran virus corona di New York, Amerika Serikat. Tapi Sotheby yakin karena rumah lelang ini telah melakukan penjualan secara online sebanyak 40 kali dalam setahun terakhir dengan nilai penjualan lebih dari US$ 70 juta secara global. Bahkan Sotheby berhasil mencatat rekor harga tinggi penjualan gelang  Art Deco Tutti Frutti senilai US$ 1,34 juta pada minggu lalu. Pada periode yang sama tahun lalu, penjualan online Sotheby hanya mencapai US$ 20 juta.

Baca Juga: Peringatan resesi teranyar: Kaum tajir mulai ogah berbelanja

"Kami tahu para kolektor merasa nyaman menghabiskan uang sebanyak ini tanpa melihat langsung," kata Nicole Schloss, Co-Head of Sotheby’s Contemporary Art Day Sales seperti dikutip Barrons.com. Dia bilang saat ini, para kolektor telah merasa nyaman dengan transaksi digital dengan menonton pameran seni online. 

Sotheby akan memberikan katalog online kepada calon penawar. Katalog online menjadi bagian strategi Sotheby untuk mengurangi penggunaan kertas serta biaya. Ada lebih dari 250 karya dalam lelang penjualan kontemporer, impresionis dan modern. 

Penawaran secara online telah dilakukan sejak Senin (4/5). Sementara Lelang kontemporer pada 14 Mei, sedangkan penjualan impresionis dan modern pada 18 Mei. Sotheby juga akan mengadakan malam live serta penjualan harian dengan lebih banyak materi dari 144 lot yang sedang online pada akhir Juni 2020. 

Baca Juga: Pecahkan rekor, sneakers langka Nike Moon Shoe laku Rp 6,12 miliar

Pada saat lelang, Sotheby akan menampilkan karya-karya dengan harga harga kompetitif, terutama pada materi bernilai lebih tinggi. Harga berkisar dari US$ 2.000 dan US$ 3.000 untuk cetakan Genieve Figgis hingga antara US$ 1,2 juta dan US$ 1,8 juta untuk lukisan pola Christopher Wool tahun 1988, Untitled.




TERBARU

[X]
×