kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.044.000   9.000   0,44%
  • USD/IDR 16.461   29,00   0,18%
  • IDX 7.875   -10,52   -0,13%
  • KOMPAS100 1.104   -1,08   -0,10%
  • LQ45 799   0,43   0,05%
  • ISSI 270   -0,17   -0,06%
  • IDX30 415   0,39   0,10%
  • IDXHIDIV20 482   1,04   0,22%
  • IDX80 121   0,03   0,02%
  • IDXV30 132   -0,47   -0,35%
  • IDXQ30 134   0,09   0,07%

Di Tengah Daya Beli Masyarakat yang Lesu, MDIY Tetap Memacu Ekspansi


Rabu, 03 September 2025 / 08:49 WIB
Di Tengah Daya Beli Masyarakat yang Lesu, MDIY Tetap Memacu Ekspansi
ILUSTRASI. Dari kiri: CFO MR. D.I.Y Indonesia Rika Juniaty Tanzil selaku bersama President Director of MR. D.I.Y Indonesa Edwin Cheah dan Head of Retail Management of MR. D.I.Y Indonesia Hendra Kurniawan saat peresmian toko ke-1000 di Jakarta (19/2/2025). Dok. MR. D.I.Y


Reporter: Ahmad Febrian, Yuliana Hema | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak memulai operasi di Indonesia pada tahun  2017, PT Daya Intiguna Yasa Tbk alias MR DIY  telah memiliki jaringan lebih dari 1.100 toko. Emiten berkode saham MDIY menjangkau kota besar hingga wilayah tier 2 dan 3,

Selai memperluas jangkauan, MDIY membangun ekosistem ritel yang inklusif. Hal ini turut memperkuat daya saing perusahaan di tengah kompetisi industri yang kian ketat.

Analis MNC Sekuritas, Catherine Florencia mengatakan, kekuatan utama MDIY terletak pada konsep price-to-value, yakni menawarkan produk kebutuhan rumah tangga yang hemat, lengkap dan mudah dijangkau.

Strategi tersebut sesuai dengan kondisi ekonomi saat ini, ketika daya beli masyarakat menghadapi berbagai tantangan. "Value proposition MDIY, menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga dengan harga yang terjangkau.  Strategi  yang relevan untuk kondisi ekonomi yang menantang saat ini," kata Catherine, dalam ketrangannya, Selasa (2/9). 

Catherine tidak menampik bahwa kondisi daya beli masyarakat saat ini sedang berhadapan pada berbagai tantangan. Namun Ia melihat, strategi MDIY menjangkau kalangan mass market merupakan formulasi tepat.

Baca Juga: MR DIY Prediksi 3 Produk yang Dicari Pelanggan Ritel Selama Ramadan 2025

Dari sisi kinerja, di sepanjang semester I 2025,  MDIY mencatatkan pendapatan Rp 3,7 triliun, naik 16,5% year-on-year (yoy)  Pada periode yang sama MDIY membukukan laba sebelum bunga, pajak, penyusutan dan amortisasi (EBITDA) sebesar 14,8% yoy menjadi Rp 1,2 triliun. 

Research Analyst Mirae Asset Sekuritas, Abyan Habib Yuntoharjo menilai, pendapatan yang tetap tumbuh dua digit di tengah daya beli yang lemah menunjukkan MDIY punya strategi pertumbuhan dan ketahanan bisnis yang baik.

Menurut Abyan, strategi MDIY ditopang oleh pendekatan 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) yang dinilai efektif menyasar konsumen. “Produk lengkap dan hemat, lokasi gerai tersebar dan dekat pelanggan, serta promosi yang konsisten menjadi kunci daya tarik,” kata dia, belum lama ini. 

Di separuh pertama tahun 2025, MDIY telah membuka 128 toko baru dan menargetkan untuk membuka lebih dari 270 toko di tahun 2025, Sehingga diharapkan bahwa total jumlah toko MDIY di seluruh Indonesia mencapai  1.231 gerai. 

Selanjutnya: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Rabu (3/9) Produk Antam, UBS dan GALERI 24

Menarik Dibaca: IHSG Berpeluang Lanjut Menguat, Ini Rekomendasi Saham BNI Sekuritas Rabu (3/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
BOOST YOUR DIGITAL STRATEGY: Maksimalkan AI & Google Ads untuk Bisnis Anda! Business Contract Drafting

[X]
×