kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data manufaktur mengangkat prospek harga paladium


Senin, 07 November 2016 / 07:23 WIB
Data manufaktur mengangkat prospek harga paladium


Reporter: Namira Daufina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Industri kendaraan bermotor di Amerika Serikat (AS) dan China kembali bergerak. Penjualan otomotif kembali naik. Hal ini lantas mendorong harga paladium menguat. Meski dibayangi penguatan nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) , harga paladium berpeluang bullish hingga akhir tahun.

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/11), harga paladium kontrak pengiriman Desember 2016 di New York Mercantile Exchange melesat 1,16% dibanding hari sebelumnya jadi US$ 624,80 per ons troi. Dalam sepekan terakhir harga paladium naik 1,37%.

Ibrahim, Direktur Garuda Berjangka, menuturkan, membaiknya industri manufaktur dan otomotif menjadi faktor fundamental penopang harga paladium. "Sebenarnya jika dibanding posisi tahun lalu harga masih turun, tapi setidaknya ada indikasi perbaikan," ungkap Ibrahim.

Belum lagi, ada kekhawatiran pasar bahwa Donald Trump akan memenangi pemilihan presiden AS yang berlangsung Selasa (8/11) nanti. Hal ini juga turut mendukung performa komoditas logam mulia, termasuk paladium.

Pelaku pasar menilai, jika Trump menang dan menjadi presiden AS, maka harga spot emas bisa terbang menjadi US$ 1.400 per ons troi. Tentu ini akan berimbas positif juga bagi harga paladium. Hanya saja, Ibrahim menganalisa harga paladium masih bisa terkoreksi dalam jangka pendek.

"Berkaca dari data tenaga kerja AS yang positif akhir pekan lalu, tentu indikasi kenaikan suku bunga akhir tahun juga akan meningkat," kata dia.

Meski begitu, Ibrahim optimistis tren bullish harga paladium akan terjaga hingga akhir tahun. Ibrahim memprediksi harga paladium bisa berada di kisaran US$ 670–US$ 700 per ons troi di akhir tahun. Investor hanya perlu mewaspadai kenaikan suku bunga AS Desember nanti.

Ibrahim menghitung harga paladium akan bergerak antara US$ 620,50–US$ 625,90 per ons troi pada Senin (7/11) ini. Sepekan ke depan, harga akan bergerak antara US$ 622,40–US$ 628,20 per ons troi. Namira Daufina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×