kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,05   6,45   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana Rp 3 triliun untuk buyback saham SCMA berasal dari pendapatan bunga emiten


Selasa, 30 Oktober 2018 / 06:21 WIB
Dana Rp 3 triliun untuk buyback saham SCMA berasal dari pendapatan bunga emiten
ILUSTRASI. Surya Citra Media Tbk


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 5 Desember 2018 mendatang, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu agenda utamanya adalah meminta restu pemegang saham untuk melakukan aksi pembelian saham kembali atau buyback. Rencananya SCMA bakal melakukan buyback saham sebanyak-banyaknya 10% dari modal disetor atau sekitar 1.462.160.123 (1,46 miliar).

"Biaya yang akan dikeluarkan atas rencana tersebut, sekitar Rp 3 triliun, termasuk biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya sehubungan dengan pembelian kembali saham," jelas Direksi SCMA dalam keterbukaan informasinya, Senin (29/10).

Sumber dana yang akan digunakan perusahaan nantinya, berasal dari pendapatan bunga emiten itu. Itu dinyatakan bahwa dampak buyback bakal memangkas pendapatan bunga atas dana yang digunakan untuk pembelian saham SCMA tersebut.

Namun, Direksi SCMA optimistis bahwa langkah tersebut tidak akan mempengaruhi pembiayaan kegiatan emiten itu, mengingat modal kerja dan arus kas diklaim cukup dan memadai, termasuk untuk pembiayaan kegiatan usaha.

Sesuai ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.30, aksi buyback paling lambat adalah 18 bulan, terhitung sejak tanggal persetujuan RUPSLB. Aksi tersebut akan dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) lewat satu anggota bursa, dengan harga penawaran lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya.

Adapun tujuan dari aksi pembelian saham kembali, untuk meningkatkan nilai pemegang saham, dengan mengembalikan kelebihan arus kas kepada para pemegang saham. Direksi juga menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil meningkatkan laba perseroan dan memelihara kecukupan likuditas.

"Persetujuan atas rencana buyback akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada Perseroan dalam mengelola modal, untuk mencapai struktur permodalan yang lebih efisien," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×