kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,65   -5,64   -0.62%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana IPO minim, PP Properti cari utang


Selasa, 12 Mei 2015 / 07:38 WIB
Dana IPO minim, PP Properti cari utang
ILUSTRASI. Gambar ucapan Hari KORPRI 2023.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Meski belum resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT PP Properti punya beberapa rencana pendanaan untuk membiayai ekspansi tahun ini. PP Properti akan merilis surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN) dan obligasi, serta berutang ke perbankan untuk modal kerja.

Langkah ini diambil PP Properti karena raihan dana IPO berada di level minimum dari target awal. PP Properti semula membidik dana penawaran umum perdana (IPO) Rp 908,7 miliar-Rp 1,57 triliun. Tapi lantaran minat investor minim, mereka hanya mematok harga IPO di batas terbawah sehingga dana yang diperoleh cuma Rp 908,7 miliar.

Direktur Keuangan PP Properti Indaryanto mengatakan, akan memprioritaskan instrumen jangka panjang guna mendanai belanja modal yang senilai Rp 760 miliar. "Alternatif pertama kami menggunakan dana IPO. Jika kurang, kami memprioritaskan instrumen jangka panjang, lalu MTN," kata dia, kemarin.

Tapi Indaryanto bilang pendanaan itu masih menyesuaikan situasi ekonomi dan kebutuhan investasi. PP Properti masih punya kapabilitas untuk menerbitkan MTN dan obligasi serta mendapat dukungan bagus dari bank.

Sebelumnya, perusahaan ini meneken komitmen fasilitas pinjaman dari tiga bank yakni Bank Tabungan Negara Rp 250 miliar, CIMB Niaga Rp 195 miliar dan Bank Rakyat Indonesia Rp 45 miliar. Dus, total standby loan Rp 345 miliar. "Baru terpakai dari CIMB untuk proyek Grand Lagoon Surabaya. Saat ini sisanya Rp 100 miliar," kata Indaryanto.

Adapun 75% dana IPO untuk ekspansi usaha. Seperti proyek mal di Surabaya dan Bekasi, akuisisi lahan di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur dan Bali. Selain itu, mengakuisisi hotel di Kalimantan dan membangun hotel di Sumatra, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Jawa. Selain itu, 4% dana IPO untuk pengembangan kegiatan usaha melalui entitas anak usaha PP Properti. Sementara 15% dana IPO untuk pengembangan proyek yang sudah ada. Sisanya 10% untuk melunasi sebagian utang Rp 249 miliar yang dialokasikan bagi modal kerja dan proyek Park Hotel Jakarta dan Bandung.

Kendati dana IPO tak sesuai ekspektasi awal, target kinerja PP Properti tahun ini tak berubah. Mereka membidik pendapatan Rp 1,64 triliun dan laba bersih Rp 293 miliar. Sementara marketing sales Rp 2,5 triliun. Target itu lebih tinggi dari realisasi marketing sales tahun lalu Rp 1,3 triliun. Hingga kuartal I-2015, PP Properti mengantongi marketing sales senilai Rp 600 miliar.

Kontribusi marketing sales terbesar dari proyek Grand Sungkono Lagoon, Grand Kemala Lagoon, dan Ayoma. Indaryanto optimistis, 50% dari target marketing sales semester I bisa terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×