Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) targetkan marketing sales dapat meningkat 50% pada 2012. Direktur CTRA Tulus Santosa menuturkan, pertumbuhan ini akan didukung dari proyek-proyek baru. "Kami akan luncurkan minimal lima proyek tahun depan dan memang mayoritas berada di luar Jawa," katanya di Jakarta, Kamis (13/10).
Sementara untuk accounting sales di 2012, Tulus memprediksi CTRA bisa mencatatkan kenaikan signifikan hingga mencapai 90%. "Itu karena catatan marketing sales kami tahun ini naik hingga mencapai 90%," jelasnya. Hal tersebut didukung 12 proyek yang diluncurkan CTRA tahun ini.
Total marketing sales yang didapat CTRA secara konsolidasi hingga akhir September mencapai Rp 2,8 triliun. "Sekitar Rp 700 miliar berasal dari proyek yang berada di luar Jawa," ujar Tulus.
Sedangkan untuk proyek di luar negeri, CTRA menganggarkan paling tidak Rp 1 triliun untuk tahap awal. "Dananya tidak kami siapkan dari sekarang, kalau ada yang menarik, baru dijajaki untuk masuk," pungkasnya. Saat ini Ciputra Grup memiliki tiga proyek di luar Indonesia yaitu di Hanoi (Vietnam), Phnom Penh (Kamboja), dan Shenyang (China).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News