kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Putra Realty (CLAY) bakal bangun rumah sakit di Pontianak tahun ini


Senin, 09 September 2019 / 13:29 WIB
Citra Putra Realty (CLAY) bakal bangun rumah sakit di Pontianak tahun ini
ILUSTRASI. Dodon Tri


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Citra Putra Realty Tbk (CLAY) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa pada Senin, (9/9). Hasilnya, pemegang saham menyetujui rencana pengembangan bisnis perseroan untuk membangun rumah sakit.

Rumah sakit seluas 8500 meter persegi tersebut akan dibangun di Kota Pontianak, Kalimantan Barat dan merupakan rumah sakit pertama yang dibangun oleh CLAY.

Direktur Keuangan CLAY Dodon Tri Koeswardana mengatakan, lahan yang akan dijadikan rumah sakit tersebut sedianya diperuntukkan guna membangun hotel. Lahan seluas 8500 meter persegi dibeli dengan menggunakan dana Initial Public Offering (IPO) senilai Rp 68 miliar.

Baca Juga: Citra Putra (CLAY) Berniat Mengubah Peruntukan Dana IPO

Namun, dalam perkembangannya lahan tersebut dinilai lebih menguntungkan dan bermanfaat apabila dibangun rumah sakit untuk kepentingan umum. Sehingga, CLAY memutuskan untuk mengubah fungsi lahan tersebut untuk dibangun rumah sakit.

Dodon melanjutkan, rumah sakit tersebut akan menelan dana investasi sebesar Rp 633 miliar. “Dimana sebagian besar disupport oleh fasilitas Kredit Investasi (KI) dari Bank BRI,” ujar Dodon usai RUPS Luar Biasa di Bursa Efek Indonesia, Senin (9/9).

Pembangunan rumah sakit tersebut dimulai tahun ini dan akan selesai pada pertengahan 2021. “Kami rencanakan selesai pertengahan 2021 dan bisa langsung beroperasi,” lanjut Dodon.

Baca Juga: Citra Putra Realty (CLAY) ubah rencana pembangunan hotel di Pontianak

Hingga saat ini, pendapatan perseroan berasal dari dua komponen, yakni The Stone Hotel di Bali dan The Clay Hotel di Jakarta. Dari kedua komponen ini, The Stone hotel memberikan kontribusi sekitar 95% dari pendapatan CLAY.

Ketika sudah beroperasi, Dodon berharap rumah sakit ini nantinya dapat berkontribusi 35%-40% terhadap Laba Kotor Operasional (Gross Operating Profit/GOP).

Pada semester I-2019, CLAY mencatatkan kinerja yang kurang prima. Pendapatan emiten ini turun 3,65% menjadi Rp 81,59 miliar. CLAY pun masih mencatatkan kerugian yang diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp 15,16 miliar atau naik 5,2% dibanding periode tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×