kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Ciputra (CTRA) Targetkan Bisnis Hunian Residensial Naik 50% di Tahun 2023


Jumat, 24 Maret 2023 / 09:55 WIB
Ciputra (CTRA) Targetkan Bisnis Hunian Residensial Naik 50% di Tahun 2023


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) melalui anak usahanya PT Ciputra Residence menargetkan pertumbuhan bisnis di hunian residensial hingga 50% di tahun 2023. Ciputra sudah mempersiapkan strateginya dengan meluncurkan 2 hingga 3 proyek barunya di tahun ini.

"Tahun ini kami ada beberapa proyek, yang terbaru kita sudah luncurkan Citra Garden Serpong. Nanti menyusul kami luncurkan Citra City Sentul, dan ada juga yang di Medan," kata Managing Director Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata kepada Kontan kemarin.

Proyek terbarunya Citra Garden Serpong merupakan Green Development dengan total luas pengembangan mencapai 350 hektare (ha).

Selain itu Ciputra juga akan terus mengembangkan proyek eksisting-nya dengan menambah dan membuka klaster-klaster hunian baru, terutama di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Baca Juga: CTRA Menargetkan Bangun 5.000 Unit Rumah di Proyek Citra Maja Raya Tahun Ini

Sementara itu dari entitas induknya Ciputra Development optimistis menargetkan marketing sales sebesar Rp 8,9 triliun di sepanjang tahun 2023.

Optimisme ini diungkapkan perseroan mengingat realisasi marketing sales yang dicapai di sepanjang tahun 2022 lalu. Meski belum merilis laporan keuangannya, CTRA mengaku berhasil mengantongi marketing sales sebesar Rp 8,2 triliun di sepanjang tahun 2022. Jumlah ini meningkat 11% dari tahun sebelumnya secara tahunan (YoY).

Head of Investor Relation CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata sebelumnya merinci perolehan marketing sales 2022 berasal dari kontribusi penjualan produk perumahan yang menjadi kontributor utama dengan menyumbang 79%. Disusul oleh penjualan ruko sebesar 17%, penjualan apartemen 3%, dan perkantoran 1%.

Tahun ini CTRA menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp1 triliun. Penggunaan dana capex tersebut nantinya akan alokasikan untuk pembangunan proyek sebesar Rp500 miliar. Kemudian sisanya sebesar Rp500 miliar akan digunakan untuk menambah landbank perseroan.

 

Adapun CTRA saat ini juga sedang membangun rumah sakit baru di proyek Citraland Surabaya. Pembangunan rumah sakit tersebut sudah rampung sekitar 3 lantai. Lainnya ada perseroan juga tengah mengkaji untuk proyek pembangunan mal baru di proyek Citraland Losari City Makassar.

Hingga saat ini, CTRA tercatat memiliki persediaan lahan atau land bank sebanyak 2.247 hektare. Di antaranya terdapat lahan seluas 1.169 ha di Jakarta, sementara sisanya ada 888 ha di Surabaya, dan 190 ha di beberapa wilayah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×