kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Cipta Selera Murni (SCMI) menutup 9 gerai Texas Chicken


Selasa, 09 Maret 2021 / 21:41 WIB
Cipta Selera Murni (SCMI) menutup 9 gerai Texas Chicken
ILUSTRASI. Cipta Selera Murni (CSMI) mengungkapkan ada 30 gerai Texas Chicken yang masih beroperasi per akhir Februari 2021.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2020 menjadi periode yang berat bagi emiten restoran PT Cipta Selera Murni Tbk. Emiten dengan kode CSMI itu telah menutup sejumlah gerai sepanjang tahun 2020. 

Emiten pemegang hak waralaba restoran cepat saji Texas Chicken Indonesia mengungkapkan, ada 30 gerai yang masih beroperasi per akhir Februari 2021. Adapun 90% dari jumlah gerai itu masih membukukan pendapatan sampai saat ini. 

Kendati sebagian besar gerainya masih mampu berkontribusi terhadap pendapatan, CSMI tidak memungkiri telah menutup sejumlah gerai yang tidak menunjukkan kenaikan setiap bulannya.

"Hal ini bisa terjadi karena tidak ada kenaikan pengunjung yang berarti di tempat gerai tersebut buka meskipun telah dilakukan promo atau paket value deal," ujar Direktur Utama Cipta Selera Murni Arriola Arthur Raphael dalam keterbukaan informasi, Selasa (9/3). 

Baca Juga: Cipta Selera Murni (CSMI) tutup enam gerai pada tahun lalu

Pertimbangan lain, pengelola tidak dapat bekerja sama dalam hal pemberian diskon, baik sewa maupun sevice charge. Di sisi lain, Cipta Selera Murni kesulitan membayar tagihan sewa dan service charge sehingga, sehingga jika tetap dibuka maka gerai tersebut akan rugi. Ada juga faktor kontrak sewa yang memang berakhir dan tidak diperpanjang. 

Sekadar informasi, sejauh ini CSMI telah menutup sembilan gerai. Tujuh di antaranya ditutup sepanjang tahun 2020, sementara dua lainnya di tahun 2021. 

Adapun di tahun 2021 manajemen CSMI memprediksi kinerjanya tidak akan jauh berbeda dari tahun 2020. Dengan asumsi tidak menutup gerai, CSMI memperkirakan pendapatannya bisa menyentuh Rp 78 miliar sepanjang tahun ini.

Adapun di tahun 2020 CSMI mengantongi pendapatan Rp 77,3 miliar. Di sisi lain, Cipta Selera Murni diproyeksikan masih menanggung kerugian. Ini tidak terlepas dari operasional yang masih terbatas. 

Baca Juga: Harga Saham CSMI Melejit Hampir 100%, Padahal Gerai Texas Chicken Banyak yang Ditutup

Untuk jangka pendek, CSMI masih akan melakukan efisiensi dari sisi sumber daya manusia (SDM), baik karyawan gerai, maupun karyawan kantor pusat dan kantor cabang dengan unpaid leaved dan 50% gaji karyawan kantor. 

Di sisi lain, CSMI terus melakukan negosiasi dengan pengelola untuk permohonan diskon sewa dan service charge. Promosi dan delivery agregator tetap dijalankan dengan meningkatkan customer baru, serta sesering mungkin menjual menu baru dengan limited time offfer (LTO). 

Sementara untuk jangka panjang, CSMI akan fokus pada kota-kota yang membukukan laba, menjaga jumlah gerai, dan menambah gerai baru. Adapun seluruh gerai diupayakan akan menjual menu internasional. Di sisi lain, CSMI akan menjaga persediaan produk untuk dijual sekaligus meningkatkan kualitas produknya. Efisiensi komponen biaya yang bersifat tetap pun masih akan dilakukan. 

Baca Juga: Taipan Surabaya Kindarto Kohar dan Ciputra Masuk ke Saham Texas Chicken (CSMI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×