kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cermati Rekomendasi Saham ACES dan ERAA Menjelang Bulan Ramadan


Selasa, 27 Februari 2024 / 10:20 WIB
Cermati Rekomendasi Saham ACES dan ERAA Menjelang Bulan Ramadan
ILUSTRASI. analis memberikan rekomendasi saham ACES dan ERAA


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang melanjutkan pelemahan di awal perdagangan Selasa (27/2). IHSG dibuka stagnan pada area 7.283,82 seperti level penutupan Senin (26/2). Hingga pukul 09:42 WIB, IHSG merosot 0,21% ke posisi 7.268,57.

Analis Stocknow.id Emil Fajrizki mengamati penurunan IHSG dalam beberapa hari terakhir yang disertai gerak melandai saham-saham blue chip berkapitalisasi pasar besar (big caps) masih terbilang koreksi wajar. Seperti pada saham-saham big caps perbankan yang sebelumnya sudah menguat cukup signifikan sejak awal tahun 2024.

Situasi ini mencerminkan indikasi jenuh beli dan adanya aksi profit taking. Namun, Emil memprediksi hal ini akan terjadi dalam jangka pendek, lantaran IHSG berpotensi menguat menjelang masuknya bulan Ramadan.

"Kalau melihat historical kecenderungan di awal Ramadan IHSG akan menguat," kata Emil kepada Kontan.co.id, Senin (26/2).

Dalam momentum ini, Emil turut mengamati saham-saham lapis kedua (second liner) cenderung mengalami penguatan dalam beberapa pekan terakhir. Emil memandang, kondisi ini juga terdorong oleh katalis lain seperti antisipasi pasar terhadap bulan Ramadan, yang dapat mendongkrak sejumlah saham second liner.

Baca Juga: IHSG Turun pada Selasa (27/2) Pagi, MEDC, ESSA, ADRO Top Gainers LQ45

Tapi Emil mengingatkan bahwa pelaku pasar tetap perlu selektif jika ingin mengoleksi saham-saham lapis kedua. "Untuk saham second liner ini kita lebih ke trading swing aja karena tingkat volatilitas nya yang cukup tinggi," terang Emil.

Mempertimbangkan momentum ini, Emil merekomendasi pelaku pasar untuk mencermati dua saham ritel, yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA).

Emil menjelaskan, ACES punya kinerja yang memuaskan dengan membukukan sam store sales growth (SSSG) 5.6% menjadi Rp 664 Milliar pada Januari 2024.

Selanjutnya ERAA, yang berpotensi terpapar katalis positif dari daya beli masyarakat yang meningkat menjelang Lebaran. Dari posisi teknikal ERAA juga perlahan sudah mulai bergerak uptrend diiringi dengan sudah ada akumulasi di saham tersebut.

Dus, Emil merekomendasikan saham ACES dengan potensi penguatan sampai ke level harga Rp 950 per saham. Kemudian saham ERAA dengan potensi kenaikan mencapai level harga Rp 555 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×