kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.534.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.645   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.695   -21,89   -0,28%
  • KOMPAS100 1.190   -4,72   -0,40%
  • LQ45 943   -3,92   -0,41%
  • ISSI 232   -0,82   -0,35%
  • IDX30 487   -1,75   -0,36%
  • IDXHIDIV20 582   -0,48   -0,08%
  • IDX80 135   -0,70   -0,51%
  • IDXV30 141   -1,10   -0,77%
  • IDXQ30 161   -0,50   -0,31%

Cerita Presdir Superior Prima Sukses Billy Law yang Pilih Investasi di Sektor Riil


Sabtu, 26 Oktober 2024 / 07:18 WIB
Cerita Presdir Superior Prima Sukses Billy Law yang Pilih Investasi di Sektor Riil
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Superior Prima Sukses Tbk (BLES) Billy Law Liauw.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda dalam belajar berinvestasi. Termasuk yang dialami Presiden Direktur PT Superior Prima Sukses Tbk (BLES) Billy Law Liauw yang sudah mulai mengenal dunia bisnis dan investasi sejak usia belia.

Billy terbilang sangat akrab dengan dunia tersebut, karena berasal dari keluarga yang menjalankan bisnis. Dia menyelesaikan pendidikan di salah satu SMA di Surabaya pada tahun 1992, lalu melanjutkan sekolah bahasa di China. 

Tiongkok dipilih Billy karena bisnis orang tuanya saat itu tengah berkembang di Kota Xiamen, China.

“Selepas sekolah bahasa, saya pun diminta terjun untuk membantu bisnis orang tua tersebut,” ujarnya kepada Kontan beberapa waktu lalu.

Jabatan terakhir Billy di perusahaan tersebut adalah sebagai Vice Director Xiamen Daxing Real Estate Development Co., Ltd.

Baca Juga: Superior Prima Sukses (BLES) Fokus Menambah Kapasitas Produksi

Pada tahun 2011, dengan latar belakang pengalaman entrepreneurship tersebut serta melihat peluang bisnis yang potensial di Indonesia, Billy pun pulang ke Indonesia untuk membangun bisnis di Tanah Air.

Bersama dengan Dermawan Suparsono, Billy memutuskan mulai membangun bisnis di bidang industri bata ringan (light bricks) dengan mendirikan PT Superior Prima Sukses Tbk. Dermawan Suparsono saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama BLES.

Terjun ke dunia bisnis tak lama setelah lulus sekolah, Billy pun mulai mempelajari cara berinvestasi untuk menyimpan hasil kerjanya. 

Di awal kariernya, Billy memilih berinvestasi dalam skala kecil dan dengan tingkat risiko konservatif. Selain menabung, dia memilih deposito sebagai salah satu aset yang dipilih karena berisiko aman dan terukur.

Tak hanya itu, Billy juga menempatkan mayoritas kekayaannya untuk investasi di aset properti. Sisanya, Billy memilih instrumen yang memiliki risiko yang lebih tinggi, seperti saham.

“Saya lebih melihat investasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan kekayaan (net-worth) kita untuk mencapai tujuan perencanaan jangka panjang keuangan kita,” ungkapnya.

Seiring berjalannya waktu, tujuan investasi Billy pun berubah. Dia kini lebih fokus kepada investasi di instrumen dan/atau bidang yang juga dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat dan orang banyak.

Salah satunya adalah dengan mendirikan dan membangun perusahaan yang ke depannya bisa memiliki reputasi dan kinerja yang baik.

Dengan pengalaman kerja serta melihat adanya potensi bisnis yang prospektif di Indonesia, Billy mulai mendiversifikasikan portofolio investasi ke investasi di sektor rill, yaitu di bidang industri bata ringan (Light Bricks) dengan mendirikan BLES.

“Ini termasuk investasi yang sangat menarik. Atau saya membeli saham perusahaan-perusahaan yang memiliki fundamental dan berkinerja bagus, karena dapat menghasilkan imbal hasil yang menarik,” kata Billy.

Pada saat awal memutuskan untuk berinvestasi di sektor riil, dia memiliki keinginan dan harapan agar investasinya di sektor riil tersebut akan mampu memberikan imbal hasil  yang lebih prospektif dan berkelanjutan.

Caranya, tentu melalui pencapaian kinerja keuangan perusahaan yang baik, serta mampu memberikan manfaat yang luas bagi orang banyak.

“Termasuk, memberikan penghasilan yang memadai dan kesejahteraan bagi seluruh karyawan-karyawan dan keluarganya,” ungkapnya.

Aset yang dipilih Billy hingga hari ini tak terlalu banyak dan memberikan imbal hasil yang lumayan stabil, bukan aset yang memberikan keuntungan yang sangat tinggi.

“Keuntungan yang diperoleh dari portofolio investasi saya hanya dalam bentuk bunga, capital gain, serta dividen,” tuturnya.

Baca Juga: Superior Prima Sukses (BLES) Bangun Pabrik ke-5 di Banjarnegara

Pernah Rugi

Layaknya dua sisi mata uang, kerugian juga pernah dialami Billy dalam belajar berinvestasi. Sayangnya, Billy tak menyebutkan berapa banyak dan pada aset apa dia menderita kerugian.

“Beberapa pengalaman rugi pernah saya dapatkan dalam berinvestasi. Namun. saya memaknai hal tersebut sebagai suatu pengalaman dan pelajaran yang bisa kita dapatkan untuk lebih cermat dalam berinvestasi,” akunya.

Per hari ini, portofolio investasi terbesar Billy ada di kepemilikannya pada BLES. Melansir RTI, dia memiliki 198 juta saham BLES yang setara dengan 2,23% dari total saham perseroan.

Pria 47 tahun itu pun sangat bersyukur berinvestasi di sektor riil tersebut, termasuk investasi waktu dan tenaga. Sebab, langkah ini telah memberikan perkembangan dan pertumbuhan nilai yang signifikan ke portofolio asetnya, seiring dengan pertumbuhan kinerja BLES.

Asal tahu saja, BLES melantai di bursa pada tanggal 8 Agustus 2024 lalu.

“Selain itu, selebihnya saya tentunya tetap mengelola portofolio investasi dalam bentuk instrumen lainnya, berupa deposito, saham dan properti dalam komposisi yang boleh dibilang merata,” ujarnya.

Secara rinci, ia menaruh kekayaannya pada tiga aset utama, yaitu di deposito sebesar 40%, properti 30%, dan saham 30%. 

Ke depannya, dia berencana akan menambah kepemilikannya pada portofolio saham miliknya. Menurutnya, iklim investasi di Indonesia masih sangat baik, mengingat pertumbuhan perekonomian domestik yang stabil di kisaran 5% year on year (yoy) sejak kuartal II 2022.

“Perekonomian yang stabil membuat instrumen investasi saham menjadi menarik, terutama saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki prospek pertumbuhan, serta fundamental yang baik, berkinerja baik, serta memiliki manajemen yang berintegritas,” paparnya.

Diversifikasi Investasi

Bagi para investor muda, Billy menyarankan agar mereka bisa memilih instrumen berinvestasi sesuai dengan tujuan perencanaan keuangan masing-masing.

Caranya, dengan memetakan dana yang dimilikinya dengan kebutuhan sang investor, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pilihan instrumen investasi yang tersedia juga harus dipelajari dengan mempertimbangkan dan mencermati segala risikonya.

Baca Juga: Ini Strategi Superior Prima (BLES) untuk Dongkrak Penjualan Bata Ringan di Sisa 2024

Menurut Billy, untuk sejumlah dana tertentu sebaiknya dicadangkan dan diletakkan pada instrumen investasi yang aman dan tingkat resiko yang rendah sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh si investor pemula.

“Selebihnya, boleh ditempatkan pada beberapa pilihan investasi lain dengan tingkat risiko yang lebih tinggi, sesuai dengan tujuan perencanaan keuangan masing-masing,” ungkapnya.

Para investor pemula juga perlu memiliki mindset untuk melakukan diversifikasi instrumen.

Don’t put all your eggs in one basket. Ini untuk mengurangi risiko investasi,” paparnya.

Selain itu, para investor pemula juga perlu memiliki mindset untuk senantiasa mencermati dan memahami fundamental, risiko dan tren sebelum memilih instrumen investasi. Hal-hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko kerugian yang timbul dalam berinvestasi.

“Saya juga sangat menyarankan agar dalam berinvestasi lebih baik memposisikan sebagai investor jangka panjang, dan tidak berorientasi pada keinginan untuk memperoleh keuntungan jangka pendek saja,” ungkapnya.

Hobi Olahraga dan Kegiatan Sosial

Terjun ke bisnis keluarga dan menjadikan BLES sebagai salah satu portofolio utama investasi, ternyata cukup mencerminkan hobi Billy. Dia mengaku memiliki hobi utama bekerja.

“Hobi dan aktivitas kesukaan utama saya itu bekerja,” ungkapnya.

Namun, ini bukan berarti Billy tak menyempatkan waktu untuk aktivitas di luar kantor. Di sela aktivitasnya yang padat sebagai Presdir BLES, dia tetap membagi waktu untuk keluarganya. Pembagiannya juga cukup berimbang antara keluarga dan kantor, semuanya dibagi sesuai dengan skala prioritas.

Di sisi lain, Billy juga hobi berolahraga ringan. Jenis olahraga yang dia pilih adalah jogging dan gym. Untuk jadwalnya, biasanya dia berolahraga di waktu senggang.

Alasan utamanya berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan badan agar tetap bugar di tengah aktivitasnya yang padat.

“Sebisa mungkin kalau ada waktu saya pasti berolahraga. Karena bagi saya penting sekali menjaga badan agar tetap bugar dan sehat,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Billy juga aktif dalam kegiatan sosial bersama beberapa komunitas, khususnya komunitas keimanan.

“Saya pribadi juga cukup tertarik untuk berkomunitas, terutama yang berkaitan dengan membangun iman dan kegiatan sosial,” imbuhnya.

Selanjutnya: Doubt hingga A Virtuous Business, Ini 9 Drakor Rating Tertinggi Minggu Ketiga Oktober

Menarik Dibaca: Resep Es Kopyor Kekinian yang Menyegarkan, Dilengkapi Jelly dan Nata de Coco

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×