kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Capai US$ 46.895 per Metrik Ton, Timah ICDX Sentuh Harga Tertinggi Sepanjang Sejarah


Rabu, 09 Maret 2022 / 10:37 WIB
Capai US$ 46.895 per Metrik Ton, Timah ICDX Sentuh Harga Tertinggi Sepanjang Sejarah


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. ICDX menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Selasa (8/3) di kantor ICDX, Jakarta. Kunjungan ini untuk membahas mengenai aktivitas ekspor timah melalui ICDX yang terpusat di Bangka Belitung. 

Terlebih, sepanjang dua bulan pertama tahun 2022, nilai transaksi ekspor timah ICDX mencatatkan pertumbuhan yang positif. Tercatat transaksi ekspor timah ICDX naik sebesar 50,21% menjadi hampir Rp 1,7 Triliun. 

Bahkan, harga timah ICDX sempat menyentuh level US$ 46.895 per metrik ton pada 7 Maret silam. Level tersebut merupakan rekor harga timah Indonesia tertinggi sepanjang sejarah.

Research & Development ICDX, Girta Yoga menjelaskan, tren positif kenaikan harga timah sebenarnya sudah terlihat sejak awal tahun. Hal ini dipicu oleh masalah pasokan yang masih ketat di pasar. 

Baca Juga: Intip Kemajuan Sejumlah Proyek Milik Bukit Asam (PTBA)

“Sementara dari sisi permintaan sudah berangsur pulih seiring dengan dibukanya kembali penguncian di negara-negara importir timah utama. Hingga awal Maret, harga timah tercatat telah melonjak sebesar 18% sejak awal tahun ini,” jelas Yoga dalam keterangan tertulis Rabu (9/3).

Terkait isu global yang saat ini sedang hangat dibahas, yaitu terkait konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina, Yoga menilai, secara tidak langsung juga akan berdampak pada pergerakan harga timah. 

Komoditi yang paling terdampak langsung dari konflik tersebut adalah komoditi energi. Namun, harga komoditi energi yang naik ikut mempengaruhi perhitungan biaya dasar dari pelaku timah, baik dari biaya produksi maupun biaya logistik.

Baca Juga: Harga Emas Semakin Berkilau, di Tengah Kekhawatiran Kenaikan Inflasi

Kenaikan harga ini diyakini akan berdampak positif baik untuk smelter timah Indonesia. Mulai dari memberikan keuntungan bagi seller yang bertransaksi di ICDX, maupun bagi pemerintah Indonesia karena devisa yang diterima atas ekspor juga ikut meningkat. 

Dalam pertemuan tersebut, DPRD Babel bersama ICDX sepakat untuk bersama memajukan pasar fisik timah di Bangka Belitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×