Reporter: Riska Rahman | Editor: Dupla Kartini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketatnya persaingan di pasar es krim tak membuat PT Campina Ice Cream Industry Tbk pesimistis. Perusahaan yang berencana melantai di Bursa Efek Indonesia dalam waktu dekat ini meyakini bisa menjaga pangsa pasar tetap stabil di tengah banyaknya pemain baru.
Direktur Penjualan Campina Adji Andjono yakin, pangsa pasar tetap terjaga di kisaran 20% hingga 23% sampai tahun depan. Perusahaan memang terus mengembangkan usaha agar bisa menarik konsumen untuk terus membeli produknya.
"Untuk itu kami melakukan kerja sama dengan pemegang lisensi karakter kartun seperti Nickelodeon dan Disney supaya kami bisa mengembangkan produk untuk menggaet segmen anak-anak," ujar Adji di Jakarta, Rabu (22/11).
Adapun segmen anak-anak berkontribusi hampir sepertiga dari total penjualan Campina. Sisanya datang dari segmen es krim yang menyasar pasar remaja dan keluarga.
Selain menyediakan produk untuk segmen anak-anak, remaja, dewasa, dan keluarga, Campina juga menyediakan produk untuk segmen bisnis hotel, restoran, dan kafe. Meski begitu, Presiden Direktur Campina Samudera Prawirawidjaja mengaku, kontribusi segmen tersebut tidak terlalu besar.
"Paling besar masih dari segmen ritel yang berkontribusi sekitar 70% dari total penjualan. Sisanya datang dari segmen bussiness-to-bussiness (B2B)," terang Samudera.
Walau sudah banyak produk es krim dari luar negeri kini masuk ke Indonesia, Campina tetap yakin pangsa pasarnya tetap terjaga. Sebab, industri ini memiliki ruang pertumbuhan yang cukup besar lantaran masih kecilnya angka konsumsi es krim di Indonesia.
"Jumlah penduduk kita ada 250 juta jiwa, sedangkan jumlah konsumsi es krim baru sebesar 158 juta sehingga kami masih punya potensi besar untuk tumbuh di pasar domestik," kata Adji.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News