kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Buyung Poetra (HOKI) Melirik Peluang Bisnis di IKN Baru


Senin, 24 Januari 2022 / 06:40 WIB
Buyung Poetra (HOKI) Melirik Peluang Bisnis di IKN Baru


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) memiliki rencana untuk melakukan ekspansi ke kawasan ibu kota negara baru (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan.

Budiman Susilo, Direktur HOKI berkata saat ini HOKI sedang mempersiapkan distribusi sebagaimana rencana dan target yang telah ditetapkan.

"Selain Ibu Kota Negara Baru atau Kalimantan, HOKI juga akan perluas area untuk berjualan produk HOKI di beberapa pulau yang potensial. HOKI akan bekerjasama dengan co-warehouse yang sekaligus ada transporternya. Mudah-mudahan di semester I 2022 sudah bisa direalisasikan untuk menjangkau daerah Samarinda, Balikpapan, Medan, dan Banjarmasin," tuturnya kepada Kontan, Minggu (23/1).

Ia melanjutkan, HOKI terus melihat peluang yang ada untuk terus meningkatkan kinerjanya, termasuk di kawasan IKN Penajam Paser Utara, Kalimantan.

Baca Juga: Buyung Poetra (HOKI) Geber Pembangunan Pabrik Baru untuk Tambah Kapasitas Produksi

Budiman menambahkan jika Pemerintah juga telah menyiapkan sistem klaster tanaman pangan menggunakan teknologi pertanian modern di Ibu Kota Negara Baru yang bahkan diproyeksikan menjadi pendukung ekspor dan lumbung pangan dunia.

Dari sana, HOKI juga melihat daya beli sudah meningkat, restoran sudah buka, dan produk utama HOKI bisa tumbuh lagi baik melalui ritel maupun jaringan distribusi yang lain. Melihat potensi tersebut tentu HOKI sebagai produsen pangan akan memperluas distribusi HOKI di Ibu Kota Negara Baru.

Lebih rinci HOKI menjabarkan rencana yang akan dilakukannya di luar segmen produsen beras. Budiman menguraikan, HOKI juga akan fokus untuk anak usaha HOKI, yakni PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) melalui diversifikasi berbagai produk baru termasuk dengan memanfaatkan peluang di Ibu Kota Negara Baru.

"Kami akan diversifikasi produk dengan membuat produk baru di consumer goods pada tahun ini yang diharapkan dapat memberi kontribusi yang positif untuk pendapatan kami. Oleh karena itu, HOKI optimistis ke depan akan mendapatkan kinerja yang baik seiring dengan pulihnya perekonomian dan kondisi pandemi Covid-19," sambungnya.

Baca Juga: Buyung Poetra (HOKI) Berkomitmen Jalankan Bisnis Berbasis ESG

Saat ini, HOKI juga sedang dalam persiapan untuk distribusi produk di Ibu Kota Negara Baru. Ke depannya produk-produk HOKI akan dipasarkan melalui berbagai toko ritel yang bekerjasama.

Tahun ini, HOKI menyiapkan belanja modal (capex) senilai Rp10 miliar - Rp15 miliar. Besaran capex tahun ini juga dinilai lebih rendah dibandingkan anggaran dalam dua tahun terakhir.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×