kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia menorehkan rekor tertinggi, pasar mengesampingkan berita virus corona


Senin, 16 November 2020 / 14:51 WIB
Bursa Asia menorehkan rekor tertinggi, pasar mengesampingkan berita virus corona
ILUSTRASI. Bursa Asia - indeks Nikkei


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia mencapai rekor tertinggi pada perdagangan Senin (16/11). Investor mengesampingkan kekhawatiran tentang meningkatnya kasus virus corona.

Data positif yang menunjukkan pemulihan ekonomi China dan Jepang memicu aksi beli saham.

Melansir Reuters, indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 1,1% ke level tertinggi sejak diluncurkan pada tahun 1987, dengan pasar saham di kawasan regional menorehkan kenaikannya.

Indeks Nikkei Jepang naik 2% ke level tertinggi 29 tahun. Kospi Korea Selatan mencapai level tertinggi sejak awal 2018 dan ASX 200 Australia mencapai puncak delapan bulan.

Baca Juga: IHSG menguat 0,25% ke 5.474 pada sesi I hari ini, asing jual bersih Rp 302,03 miliar

Pasar berjangka indeks S&P 500 naik 0,9%, Nasdaq 100 melonjak 1% dan berjangka Eropa melesat dengan EuroSTOXX 50 naik 0,9%. Selain itu pasar berjangka FTSE naik 0,6% di akhir sesi Asia.

"Hanya ada segunung uang tunai yang duduk di sela-sela, menunggu untuk mulai bekerja," kata Kyle Rodda, analis di IG Markets di Melbourne.

"Dan karena kami mendapat berita vaksin ini, serta berkurangnya risiko seputar pemilu AS, semua ini beralih ke ekuitas ... semua orang sekarang berpikir bahwa ini isyarat untuk masuk."

Di sisi lain, pasar mata uang, obligasi, dan komoditas sedikit lebih berhati-hati. Dolar AS tergelincir terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya.

Asal tahu, pertumbuhan ekonomi Jepang melebihi perkiraan untuk menarik ekonomi terbesar ketiga di dunia itu keluar dari resesi dan produksi industri yang lebih baik dari perkiraan di China menambah suasana antusias.

"Meningkatnya kasus Covid-19 adalah sebuah risiko, tetapi pertahankan keyakinan," kata analis Morgan Stanley dalam catatan prospek 2021 mereka.

"Kami pikir pemulihan global ini berkelanjutan, sinkron dan didukung oleh kebijakan, mengikuti banyak pedoman pasca-resesi 'normal'. Ekuitas dan kredit kelebihan beban terhadap uang tunai dan obligasi pemerintah, dan menjual dolar."

Baca Juga: Persiapan vaksinasi virus corona, Kemenkes: 23.145 Vaksinator ikuti pelatihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×