kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia memerah Senin pagi, dipicu kekhawatiran akan gelombang kedua Covid-19


Senin, 15 Juni 2020 / 08:13 WIB
Bursa Asia memerah Senin pagi, dipicu kekhawatiran akan gelombang kedua Covid-19
ILUSTRASI. A man wearing a protective mask is seen inside the Shanghai Stock Exchange building, as the country is hit by a new coronavirus outbreak, at the Pudong financial district in Shanghai, China February 28, 2020. REUTERS/Aly Song


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Pasar saham Asia memulai pekan ini dengan langkah mundur, Senin (15/6). Sementara, harga minyak merosot karena kekhawatiran gelombang kedua infeksi virus corona (Covid-19) di China membuat para investor berlarian ke aset safe haven.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,25% dengan saham Australia turun 0,4% dan Korea Selatan tergelincir 0,6%. Indeks Nikkei Jepang turun 0,75%.

Memerah bursa saham Asia mengikuti reli pasar global sejak akhir Maret, dipicu oleh bank sentral dan stimulus fiskal serta optimisme sejumlah negara secara bertahap melonggarkan pembatasan penyebaran virus corona.

Baca Juga: IHSG menguat, saham LQ45 ini malah meneruskan koreksi beberapa hari berturut

Namun, sentimen negatif memukul setelah Beijing mencatat lusinan kasus baru Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Investor juga mengkhawatirkan lonjakan kasus di Amerika Serikat. Wabah virus corona besar lainnya dapat mengguncang pasar keuangan, yang telah rally baru-baru ini dengan harapan pemulihan ekonomi.

Beberapa analis masih berharap aksi jual hari Senin ini hanya sementara."Kami berasumsi bahwa setiap gelombang kedua cenderung lebih mudah dikelola daripada yang pertama," tulis analis di Morgan Stanley dalam sebuah catatan.

"Pelonggaran kebijakan juga akan membantu Asia (tidak termasuk Jepang) bangkit kembali dengan lebih baik."

Yuan China merosot dalam perdagangan luar negeri menjadi 7,0877 per dolar. Sementara mata uang sensitif lainnya, Australia dan Selandia Baru juga melemah. Keduanya terakhir turun 0,4% masing-masing pada US$ 0,6855 dan US$ 0,6424.

Investor terus mengawasi angka produksi industri China dan penjualan ritel di kemudian hari untuk tanda-tanda pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Baca Juga: Saham big cap: Saham BBCA, TLKM sudah 4 hari turun, cek PER dan PBV

Di tempat lain, dolar sedikit berubah pada 107,46 yen karena investor menghindari langkah besar sebelum pertemuan kebijakan Bank of Japan yang berakhir Selasa.

Tidak ada perubahan besar yang diharapkan, tetapi beberapa investor mungkin tertarik pada pandangan Gubernur Haruhiko Kuroda tentang kebijakan pengendalian kurva hasil.

Bankir sentral AS telah membahas opsi untuk mengadopsi kontrol kurva imbal hasil untuk membatasi imbal hasil obligasi.

Analis mengatakan tes lebih lanjut menunggu pasar global pekan ini - khususnya apakah pembukaan kembali ekonomi masih bisa mendorong pasar saham lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×