kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bumi Resources Minerals (BRMS) mulai uji coba dry run di tambang emas Poboya


Kamis, 12 Desember 2019 / 10:45 WIB
Bumi Resources Minerals (BRMS) mulai uji coba dry run di tambang emas Poboya
ILUSTRASI. Tambang emas PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS). Pada tahun pertama, BRMS menargetkan dapat memproduksi 100.000 ton bijih emas per tahun.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tambang emas milik PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) semakin mendekati operasional. Melalui anak usahanya PT Citra Palu Minerals, BRMS telah memulai pengujian dry run (tanpa muatan) atas setiap peralatan di fasilitas produksi bijih emas di tambang Poboya, Palu, Sulawesi Tengah.

Asal tahu, uji dry run ini biasa dilakukan di proyek tambang yang mana setiap peralatan di uji coba secara terpisah sebelum seluruh system dan peralatan tersebut dioperasikan. Suseno Kramadibrata, CEO Bumi Resources Minerals mengatakan, uji dry run ini dilakukan pada tanggal 9 Desember 2019 lalu. Beberapa uji coba telah berhasil diselesaikan dengan baik dan sesuai perkiraan.

Baca Juga: Tambang Poboya belum beroperasi, Bumi Resources (BRMS) bertopang ke jasa konsultasi

Suseno berharap, seluruh uji coba atas peralatan dapat diselesaikan pada minggu ketiga di bulan Desember. “Setelah ini kami akan melanjutkan dengan pengujian wet run (dengan muatan) di minggu keempat di bulan Desember dimana akan dilakukan uji coba atas seluruh peralatan terkait dengan menggunakan cairan dan bijih emas,” ungkap Suseno dalam rilis, Kamis (12/12).

Untuk diketahui, BRMS saat ini memiliki 96,97% saham di Citra Palu Minerals yang merupakan pemilik konsesi tambang emas seluas 85.180 hektare di Sulawesi Tengah dan Selatan. Tambang Poboya diperkirakan memiliki cadangan bijih emas sebesar 3,9 juta ton dan 7,9 juta ton, dengan kualitas emas di atas 4 g/t.

Baca Juga: Bumi Resources Minerals (BRMS) mengantongi laba US$ 1,02 juta di kuartal III-2019

Adapun valuasi kotor dari tambang Citra Palu Minerals ini senilai US$ 1,47 miliar dengan usia tambang mencapai 8 tahun.

Uji coba produksi akan dilakukan pada Januari tahun depan. Pada tahun pertama, BRMS menargetkan dapat memproduksi 100.000 ton bijih per tahun. Sementara untuk tahun selanjutnya, produksi akan konsisten di angka 180.000 ton bijih per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×