kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buka Rekening Tabungan Bebas Biaya untuk Langkah Awal Rutin Menabung


Jumat, 22 Juli 2022 / 13:44 WIB
Buka Rekening Tabungan Bebas Biaya untuk Langkah Awal Rutin Menabung
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Menabung merupakan dasar pengelolaan keuangan pribadi yang baik. Namun, masih banyak orang yang belum memiliki kebiasaan menabung dengan rutin. Padahal caranya cukup mudah, termasuk buka rekening khusus untuk menyimpan tabungan. Simak penjelasan tipsnya berikut ini.

  1. Menetapkan tujuan

Jika kita memiliki tujuan spesifik, menyisihkan penghasilan untuk menabung akan menjadi lebih mudah. Mulailah dengan menabung untuk hal-hal yang Anda suka. Misalnya, tabungan untuk membeli gadget idaman, traveling ke luar kota atau ke luar negeri, hingga membeli peralatan mahal yang menunjang hobi Anda.

Dengan mengingat tujuan tersebut, Anda akan lebih termotivasi untuk mengumpulkan dana yang diperlukan melalui tabungan. Anda juga bisa mulai memilah tujuan jangka pendek dan jangka panjang sehingga dapat menghitung berapa penghasilan yang harus disisihkan untuk memenuhi target tabungan sesuai jangka waktu.

  1. Menyisihkan penghasilan di awal

Kebanyakan orang menunggu sisa penghasilan baru menabung. Dengan cara ini, kemungkinan menabung akan lebih kecil karena ada saja kebutuhan atau keinginan yang akhirnya menghabiskan seluruh penghasilan.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyisihkan penghasilan di awal untuk pos tabungan. Para perencana keuangan menyarankan alokasi 10%-20% dari penghasilan bulanan untuk ditabung. Jadi, jangan menunggu jumlah gaji yang tersisa.

  1. Buka rekening tabungan khusus

Sebaiknya Anda membuat rekening yang terpisah dari rekening payroll atau tempat gaji masuk setiap bulan untuk pos tabungan. Rekening payroll bisa Anda manfaatkan untuk membayar pengeluaran dan tagihan rutin, sedangkan tabungan masuk ke rekening khusus.

Rekening khusus ini memudahkan Anda memonitor perkembangan saldo tabungan. Bahkan, rekening tabungan yang bebas biaya administrasi juga dapat membantu Anda mengoptimalkan saldo simpanan.

  1. Gunakan fasilitas autodebet

Anda bisa menggunakan fitur autodebet dari rekening tabungan supaya bisa menjaga kedisiplinan menabung. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak menabung karena gaji sudah habis.

Tetapkan tanggal dan jumlah yang ditransfer otomatis ke rekening khusus tabungan. Kini, dengan tersedianya internet banking dan mobile banking, Anda bisa dengan mudah mengatur transfer otomatis ini tanpa harus datang langsung ke bank.

Tabungan tanpa halangan

Salah satu produk tabungan yang bisa Anda pilih untuk buka rekening tabungan khusus adalah Tabungan Tora dari J Trust Bank. Tabungan Tora merupakan tabungan tanpa halangan, dalam arti memberikan banyak kebebasan untuk nasabahnya.

Kebebasan yang diberikan Tabungan Tora antara lain bebas biaya administrasi dan biaya layanan ATM per bulan. Nasabah pun tidak perlu khawatir simpanannya terkikis biaya-biaya admin ini.

Tabungan Tora memberikan kartu ATM J Trust Bank yang dapat digunakan pada jaringan ATM J Trust Bank, ATM Bersama, Prima, dan jaringan lainnya yang bekerja sama dengan J Trust Bank. Frekuensi penarikan di mesin ATM J Trust Bank tidak dibatasi, sepanjang sesuai dengan limit pada jenis kartu ATM J Trust Bank. Selain itu, pemilik Tabungan Tora bisa tarik tunai dengan bebas biaya di ATM Prima dan Bersama, maksimal 4 x per hari.

Nasabah Tabungan Tora juga dapat mengajukan fasilitas internet mobile dan mobile banking. Melalui internet banking www.jtrustnet.com dan J Trust Mobile, nasabah bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi, termasuk menggunakan fasilitas bebas biaya transfer antarbank, SKN, dan RTGS masing-masing maksimal 10 kali per bulan.

Cara buka rekening Tabungan Tora pun sangat mudah. Selain menyetor saldo awal minimum Rp500 ribu, nasabah cukup membawa identitas diri seperti KTP atau paspor disertai KITAS/KITAP, dan NPWP.

Mudah bukan mulai menabung secara rutin? Untuk informasi lebih lanjut mengenai buka rekening Tabungan Tora, segera kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat atau hubungi Ask J 1500 615, dan klik www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×