kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buana Lintas Lautan (BULL) tambah delapan kapal baru tahun ini


Jumat, 28 Juni 2019 / 14:21 WIB
Buana Lintas Lautan (BULL) tambah delapan kapal baru tahun ini


Reporter: Aloysius Brama | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) menganggarkan belanja modal Rp 1 triliun hingga Rp 1,5 triliun pada tahun 2019 ini. Direktur Utama BULL Wong Kevin mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana belanja modal untuk menambah armada baru.

Sebagai informasi, jelang semester I ini berakhir, BULL telah membeli empat buah armada tambahan kapal secondhand. Keempat tambahan armada itu merupakan tanker minyak sesuai dengan prioritas pengangkutan yang dilakukan oleh BULL.

Keempat kapal itu adalah Explorindo I dengan DWT 35.751 ton, Petrosamudra dengan kapasitas DWT 37.329 ton, Petrogaruda dengan kapasitas DWT 112.045 ton, dan Bull Damai I dengan kapasitas DWT 111.928 ton.

Kevin menyebutkan, pihaknya akan masih akan menambah armada baru. Di awal semester kedua nanti, BULL akan mendatangkan empat armada tambahan. “Dengan penambahan delapan kapal baru akan menambah kapasitas total pengangkutan kapal kami 70% hingga 80% lebih tinggi dari yang ada,” ujar Kevin.

Ketika ditanya alasan mengapa BULL lebih memilih membeli kapal bekas, Kevin menyebut hal itu dilakukan untuk menjaga keuangan perusahaan. “Kalau beli kapal baru itu tidak bisa langsung jadi, tapi kami harus tunggu sekitar 2 tahun. Belum kalau terlambat. Tentu akan memengaruhi cash flow,” ujar Kevin. Kevin menyebut dengan membeli kapal bekas, pihaknya bisa mengurangi capital risk 70% hingga 80%.

Hingga saat ini, BULL telah mengoperasikan 21 armada kapal. Rinciannya, 16 kapal minyak dengan kapasitas 1,01 juta DWT, tiga kapal gas dengan kapasitas 65.850 DWT, satu kapal FPSO dengan kapasitas 59.216 DWT, dan satu kapal kimia dengan total 5.878 DWT.

Dari semua armada itu, total kapasitas komoditas yang bisa diangkut oleh BULL sebesar 1,14 juta DWT dengan usia rata-rata kapal 18 tahun. Kevin menyebut meski investasi kapal BULL lebih banyak pada kapal bekas, namun hal itu tidak mengurangi faktor keamanan kapal. “Rata-rata usia kapal industri di Indonesia itu 22 tahun. Kapal kami masih punya usia panjang,” tandas Kevin.

Untuk pendanaan pembelian kapal, Kevin menyebut pihaknya akan memanfaatkan beberapa instrumen. Terbaru, BULL menggelar aksi rights issue dengan target dana yang bisa diraih sebesar Rp 667,99 miliar. “Selain rights issue, kami akan juga manfaatkan kas internal dan pinjaman bank,” ujar Kevin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×