kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,68   8,28   0.92%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bos Bakrie & Brothers Sebut Awal Tahun 2023 Merupakan Waktu yang Tepat untuk IPO VKTR


Selasa, 13 Desember 2022 / 14:31 WIB
Bos Bakrie & Brothers Sebut Awal Tahun 2023 Merupakan Waktu yang Tepat untuk IPO VKTR
ILUSTRASI. Sudah tunjuk penjamin emisi, Bos Bakrie & Brothers sebut awal tahun 2023 waktu yang tepat untuk IPO VKTR. KONTAN/Daniel Prabowo/4/11/2016


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), yakni PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), masih bergulir.

Direktur Utama BNBR, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pihaknya telah menunjuk Samuel Sekuritas, Ciptadana Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas sebagai penjamin emisi.

“Dan seluruh penunjang daripada IPO ini baik dari sisi legal, hukum, pajak, itu sudah dibentuk dan sudah komunikasi secara intensif dan mendapatkan masukan-masukan yang baik dari BEI dan OJK,” ungkap pria yang akrab dengan sapaan Anin tersebut dalam public expose Selasa (13/12).

VKTR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan listrik. Kontan.co.id mencatat, VKTR telah menjalin kerja sama pengadaan proyek bus listrik dengan PT Transportasi Jakarta (Trans Jakarta) dan PT Mayasari Bakti.

Baca Juga: Sambut Subsidi Kendaraan Listrik, VKTR Berencana Produksi Motor Elektrik Tahun Depan

Kerja sama tersebut sejauh ini telah membuahkan hasil. Menurut Anin, VKTR telah memasok sebanyak 30 unit bus listrik untuk Trans Jakarta. Ke depan, VKTR bakal memasok tambahan 22 unit bus listrik lagi.

Dari sisi kinerja keuangan, VKTR juga  diklaim sudah membukukan omzet. Berdasarkan catatan manajemen, VKTR telah membukukan pendapatan lebih dari Rp 150 miliar di sembilan bulan pertama 2022. 

Selain DKI Jakarta, VKTR juga direncanakan menjajaki peluang pengembangan kendaraan listrik untuk penggunaan provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Fokus pengembangan kendaraan listrik VKTR, menurut Anin, masih akan berfokus pada segmen heavy mobility seperti bus dan truk dengan skema business-to-business (B2B). Namun, perusahaan juga tidak menutup kemungkinan akan merambah segmen B2C di masa mendatang.

Belum ketahuan berapa berapa dana segar yang diincar maupun porsi kepemilikan saham VKTR yang ingin perusahaan lepas ke pasar modal. Anin juga tidak merinci seperti apa detail rencana timeline penahapan proses IPO VKTR ke depan. Namun, Anin memberi sinyal bahwa VKTR mungkin melantai di pasar model pada awal tahun 2023.

Hal ini berdasar pada sejumlah pertimbangan, seperti misalnya perkembangan pandemi Covid-19 yang mereda hingga kemajuan proses restrukturisasi utang BNBR. Seperti diketahui, BNBR memang tengah fokus merampungkan program restrukturisasi utang perusahaan. 

Berdasarkan catatan perusahaan, BNBR telah merestrukturisasi utang hingga Rp 11,66 triliun sejak tahun 2016 lalu. Sepanjang kuartal IV 2022 - kuartal I 2023 ini, BNBR berfokus menyelesaikan restrukturisasi utang sekitar Rp 12 triliun. 

Baca Juga: Anak Usaha Bakrie & Brothers (BNBR) Bidik Penjualan 200 Unit Bus Listrik pada 2023

“Kami melihat awal tahun depan (2023) adalah saat yang tepat, karena tahun baru, semangat baru, animo baru, di mana di tahun 2022 Bakrie & Brothers fokus untuk restrukturisasi, begitu juga 2023 awal, nah pada saat itulah saat yang paling tepat untuk (VKTR) melakukan IPO,” ungkap Anin.

Anin optimistis, pasar kendaraan bus listrik cukup menjanjikan ke depannya. Salah satu peluang, menurut Anin, datang dari program konversi menuju penggunaan bus listrik di Trans Jakarta, juga peluang elektrifikasi bus-bus lainnya.

“Total daripada Trans Jakarta aja ada 10.000 bus akan dielektrifikasi.Total bus di Indonesia itu 300 ribu bus. Apakah semua itu akan dielefktrifikasi? ujungnya iya, tetapi tentunya bertahap,” ujar Anin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×