kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Bisnis properti lesu, pendapatan PP Properti (PPRO) turun tipis


Jumat, 15 Maret 2019 / 06:51 WIB
Bisnis properti lesu, pendapatan PP Properti (PPRO) turun tipis


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis properti flat cenderung turun pada tahun lalu. Hal ini bisa dilihat pada kinerja PT PP Properti (PPRO). Anak usaha PT PP Tbk (PTPP) ini mencatat penurunan pendapatan 5,64% tahun lalu menjadi Rp 2,56 triliun dari sebelumnya Rp 2,71 triliun.

Penurunan penjualan apartemen PPRO mencapai 6,53% menjadi Rp 2,38 triliun dari sebelumnya Rp 2,54 triliun. Sementara pendapatan properti yang merupakan pendapatan berulang, naik 8,06% menjadi Rp 178,61 miliar dari tahun 2017 yang sebesar Rp 165,29 miliar.

Kenaikan pendapatan properti ini terutama terdorong oleh pendapatan service charge yang naik 176% menjadi Rp 52,82 miliar. Pendapatan hotel justru turun 13,70% menjadi Rp 116,56 miliar dan pendapatan sewa turun 17,09% menjadi Rp 9,22 miliar.

Tapi penurunan beban pokok penjualan menyebabkan laba kotor dan margin laba kotor PPRO naik. Pada tahun 2018, beban pokok penjualan PPRO turun 8,04% menjadi Rp 1,89 miliar. PPRO mencatatkan margin laba kotor 25,92% di tahun lalu. Margin laba kotor ini naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 23,98%. 

Alhasil, PPRO mencetak kenaikan laba 5,98% menjadi Rp 471,26 miliar di tahun lalu dari sebelumnya Rp 444,68 miliar.

Capaian tersebut tak lepas dari upaya emiten itu dalam mendorong pertumbuhan marketing sales di tantangan lesunya permintaan di sektor properti.

Dalam keterangan resminya Kamis (14/3), PPRO menyebutkan bahwa salah satu sumber tumbuhnya laba bersih 2018 adalah pencapaian marketing sales yang mencapai Rp 3,48 triliun atau naik 12,62%, dari periode yang sama tahun lalu yakni Rp 3,09 triliun.

Adapun kontribusi kenaikan marketing sales tahun lalu, di antanya dari Proyek Grand Shamaya - Surabaya sebesar 30%, Grand Dharmahusada Lagoon - Surabaya sebesar 18%, Westown View - Surabaya sebesar 15%, Grand Sungkono Lagoon - Surabaya sebesar 13%, Grand Kamala Lagoon - Kalimalang sebesar 6%, dan proyek-proyek realti serta komersial lainnya.

"Kenaikan laba bersih tahun ini membuktikan bahwa perseroan konsisten untuk terus berupaya meningkatkan laba bersihnya terus menerus," kata Direktur Utama PPRO, Taufik Hidayat, Kamis (14/3).

Pada akhir 2018, total aset PPRO meningkat 31,13% menjadi Rp 16,47 triliun, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 12,56 triliun. Total liabilitas PPRO melonjak 41% menjadi Rp 10,66 triliun dan total ekuitas naik 16,4% menjadi Rp 5,82 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×