kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Bidik Milenial dan Gen Z, Insight IM Segera Luncurkan Aplikasi Reksadana


Kamis, 04 Juli 2024 / 14:15 WIB
Bidik Milenial dan Gen Z, Insight IM Segera Luncurkan Aplikasi Reksadana
ILUSTRASI. Kantor Insight Investments Management di Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2024). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/01/2024


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insight Investments Management (Insight IM) berupaya menggaet banyak investor muda. Sebab, generasi milenial dan Generasi Z semakin menunjukkan ketertarikan yang besar dalam dunia investasi.

Direktur Insight IM, Ria M Warganda mengatakan, hal tersebut tercermin pada jumlah investor dimilikinya. Dalam fact findings perusahaan, pada akhir 2023 tercatat dominasi investor milenial dan Generasi Z yang memilih reksaddana Insight IM sekitar 70% atau terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa kelompok usia lainnya.

"Kami optimis angka ini akan semakin naik di tengah tren investasi anak muda yang kami lihat akan terus berlanjut," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (4/7).

Ria menjelaskan, dominasi investor milenial dan Generasi Z selaras dengan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Januari 2024. Sebanyak 56,29% investor pasar modal berusia 30 tahun ke bawah dan 23,66% berada di rentang usia 31-40 tahun, yang mencerminkan mayoritas investor di pasar modal Indonesia berasal dari Generasi Z dan milenial.

Baca Juga: Tren Investasi Pasif Meningkat, Insight Unggulkan Reksadana Insight Sri Kehati Likuid

Potensi pasar yang masih besar ini mendorong Insight IM untuk melakukan berbagai langkah untuk mendorong ketertarikan investasi bagi anak muda. Mulai dari aktivitas edukasi keuangan ke kampus-kampus, edukasi ringan seputar investasi dan keuangan bagi investor pemula, kerjasama dengan berbagai agen penjual reksadana fintech, hingga pengembangan aplikasi reksadana online yang akan diluncurkan dalam waktu dekat."Saat ini kami sedang menyiapkan aplikasi reksadana online bernama InvestasiIN. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi sejenis, karena menggabungkan pengalaman berinvestasi sembari berkontribusi sosial," katanya.

Kontribusi sosial tersebut muncul karena setiap produk reksadana Insight IM memiliki tema yang sejalan dengan isu-isu sosial dan lingkungan. Hal ini selaras dengan strategi mendekatkan Insight IM atas sikap generasi muda saat ini yang semakin peka dengan isu-isu terkini, salah satunya isu lingkungan.

Insight IM memiliki berbagai reksadana yang terkait isu lingkungan. Salah satunya adalah Reksa dana I-Renewable Energy Fund.

Ria menyebut, sejak peluncurannya 13 tahun yang lalu, produk tersebut berhasil mencetak total return sebesar 138,85% dan secara konsisten kinerjanya dapat mengungguli benchmark. Hal ini tercermin pula dari kinerja satu tahun sebesar 7,21% sedangkan benchmark 1,65%.

"Kinerja yang baik ini tidak hanya membawa keuntungan bagi investor, tapi juga turut berkontribusi pada program-program berdampak lingkungan dan sosial yang sifatnya inovatif seperti Pro Women for Renewable Energy dan Desa Energi Insight," paparnya.

Program Pro Women for Renewable Energy, contohnya, memberikan kemudahan akses penggunaan energi terbarukan untuk petani perempuan di Lombok guna meningkatkan taraf ekonominya. Sementara dalam Desa Energi Insight, fokus perusahaan adalah pemberian bantuan Solar-powered Mini Cold Storage berbasis energi terbarukan yang akan membantu nelayan di Manggarai Barat, NTT untuk menyimpan hasil tangkapan ikan dengan optimal, termasuk mendampingi mereka dalam penggunaannya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×