kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

Biaya iklan dan promosi menekan margin ICBP


Senin, 24 Maret 2014 / 20:23 WIB
Biaya iklan dan promosi menekan margin ICBP
ILUSTRASI. Cara mengetahui nomor WhatsApp diblokir teman.


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Meski melakukan ekspansi masif di sepanjang tahun 2013 lalu,  laba produsen makanan dan minuman ringan, PT Indofood CBP Makmur Tbk (ICBP) justru terasa lebih ringan dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu grup Salim hanya mencatat kenaikan tipis pada laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 2,1%, atau menjadi Rp 2,23 triliun dari periode yang sama tahun 2012 sebesar Rp 2,18 triliun.

Bahkan, laba usaha perseroan turun 2,7% menjadi Rp 2,77 triliun dari Rp 2,85 triliun. Sehingga mengakibatkan margin usaha turun menjadi 11,0% dari 13,1%. Herman Koeswanto, analis Mandiri Sekuritas bilang, tingginya ongkos produksi dan beban operasional menekan margin usaha.

"Kami melihat masih ada risiko penurunan yang potensial pada konsensus proyeksi 2014 dan 2015, terutama dipengaruhi dengan pengeluaran biaya iklan dan promosi yang agresif serta perlambatan pertumbuhan volume," ujar Herman.

Di kuartal keempat tahun 2013, hasil laba ICBP tak sesuai dengan ekspektasi. ICBP membukukan laba bersih sebesar Rp 368 miliar, lebih rendah 30% year on year (yoy), dan turun 39% quarter on quarter (qoq). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×