kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Berlian merah muda dihargai Rp 375 miliar pada lelang Sotheby's di Jenewa


Kamis, 12 November 2020 / 09:40 WIB
Berlian merah muda dihargai Rp 375 miliar pada lelang Sotheby's di Jenewa
Penawaran berlian The Spirit of the Rose dibuka pada US$ 16 juta dan naik ke harga akhir US$ 21 juta, ditambah komisi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Sebuah berlian ungu-merah muda yang sangat langka yang ditambang di Rusia, yang digambarkan Sotheby's sebagai keajaiban alam yang sesungguhnya, dijual seharga US$ 26,6 juta atau setara Rp 375,06 miliar dengan kurs Rp 14.100 per dolar AS, pada hari Rabu (11/11).

Sotheby's telah memperkirakan bahwa permata oval tanpa cela, The Spirit of the Rose, dapat dijual dengan harga US$ 23 juta-US$ 38 juta pada lelang di Jenewa.

Penawaran dibuka pada US$ 16 juta dan naik ke harga palu akhir US$ 21 juta, ditambah komisi. Berlian ini dibeli oleh penawar telepon yang memilih untuk tidak disebutkan namanya, kata Sotheby's.

Pakar perhiasan Benoit Repellin, yang memimpin penjualan tersebut, mengatakan pihaknya mencetak rekor untuk berlian berwarna merah muda ungu cerah yang dijual di lelang. Batu dengan berat 14,83 karat itu adalah berlian merah muda terbesar dengan gradasi warna pada periode lelang ini.

Baca Juga: Pasokan Terganggu, Harga Berlian Kembali Mengilap

Nama berlian ini diambil dari performa balet oleh Ballets Russes dan penari legendarisnya Vaslav Nijinsky pada tahun 1911. Ditambang oleh produsen berlian Rusia Alrosa pada Juli 2017, Sotheby's menyebut berlian ini dipotong dari kristal merah muda terbesar yang pernah ditemukan di Rusia.

Berlian ini sebelumnya ditampilkan di Hong Kong, Singapura, dan Taipei. Batu berwarna telah sangat dihargai sebagai kelas aset investasi oleh orang-orang super kaya dalam beberapa tahun terakhir. Berlian merah muda berkualitas tinggi disebut sangat bernilai.

Tambang Argyle di Australia barat yang menghasilkan pasokan berlian merah muda terbesar di dunia menghentikan produksinya minggu lalu karena cadangan menipis.

Baca Juga: Wow, berlian putih sangat langka laku terjual Rp 233 miliar dalam lelang online

"Pembeli yang beruntung bisa mendapat untung dari harga yang melonjak untuk berlian merah muda di tahun-tahun mendatang berkat peningkatan kelangkaan," kata Tobias Kormind, direktur pengelola 77 Diamonds, perhiasan berlian online terbesar di Eropa, dalam sebuah pernyataan.

Berlian berwarna alami terjadi karena memiliki struktur kisi tertentu yang membiaskan cahaya untuk menghasilkan batu berwarna bukan putih.

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun Rp 2.000 ke Rp 968.000 per gram, Kamis (12/11)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×