kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berencana buyback saham, Uni-Charm (UCID) siapkan dana hingga Rp 20 miliar


Rabu, 29 April 2020 / 21:48 WIB
Berencana buyback saham, Uni-Charm (UCID) siapkan dana hingga Rp 20 miliar
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk Yuji Ishii (kiri) bersama komisaris dan direksi saat pencatatan perdana saham di Buresa Efek Indonesia Jakarta, Jumat (20/12). PT Uni-Charm Indonesia Tbk mencatatkan saham perdana sebanyak 831juta lembar saham


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCID) berencana membeli kembali (buyback) saham hingga sebanyak-banyaknya Rp 20 miliar. Buyback akan berlangsung pada 30 April 2020 hingga 30 Juli 2020.

"Berasal dari kas internal Perseroan, tidak termasuk biaya pembelian kembali saham, komisi pedagang perantara serta biaya lain berkaitan dengan pembelian kembali saham," jelas Sekretaris Perusahaan PT Uni-Charm Indonesia Tbk dalam keterbukaan informasi, Rabu (29/4).

Adapun UCID berkeyakinan buyback tidak berdampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha. Mengingat UCID memiliki modal kerja dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha.

Baca Juga: Menggandeng Minimarket, Uni-Charm Indonesia (UCID) Menjual Produk Masker

Dengan asumsi tersebut, maka aset dan ekuitas emiten berkode UCID itu akan menurun sebanyak-banyaknya hingga  Rp 20 miliar ditambah biaya transaksi pembelian kembali saham.

Sepanjang tahun 2019, UCID mencatatkan total aset hingga Rp 8,32 triliun dan total ekuitas Rp 4,34 triliun. Setelah buyback, total aset akan menurun menjadi Rp 8,3 triliun dan total ekuitas turun Rp 4,32 triliun.

Laba bersih UCID sebenarnya berpotensi menurun akibat hilangnya pendapatan bunga. Akan tetapi penurunan itu tidak berdampak material terhadap biaya operasional. Sehingga, target laba bersih masih sesuai dengan target yang direncanakan.

Adapun potential loss dari pengalihan aset berupa kas menjadi Treasury Stock juga tidak akan mempengaruhi pendapatan UCID secara signifikan.

Baca Juga: Luncurkan produk masker, Uni-Charm (UCID) gandeng Alfamart dan Indomaret




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×