kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45716,96   7,60   1.07%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Beli menara EXCL, ini rekomendasi untuk saham CENT dan TOWR


Selasa, 11 Februari 2020 / 20:55 WIB
Beli menara EXCL, ini rekomendasi untuk saham CENT dan TOWR
ILUSTRASI. Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di kawasan Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019). Anak usaha CENT dan TOWR membeli 2.782 menara dari EXCL.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah mengumumkan dua pemenang tender penjualan sejumlah 2.782 unit menara senilai Rp 4,05 triliun. Kedua perusahaan tersebut adalah PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang merupakan anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Centratama Menara Indonesia Tbk (CMI) yang merupakan anak usaha PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT).

Dari total menara yang dijual, Protelindo memenangkan tender akuisisi atas 1.728 unit menara sedangkan CMI memenangkan tender akuisisi atas 1.054 unit menara. Berdasarkan keterbukaan informasi, Protelindo membeli 1.728 menara EXCL dengan harga Rp 2,25 triliun. Sedangkan Centratama Menara membeli 1.054 menara dengan nilai Rp 1,62 triliun.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony menilai, prospek CENT dan TOWR positif setelah memenangkan tender akuisisi menara EXCL. Kedua perusahaan pemenang tender ini memiliki potensi untuk mencatat kinerja yang lebih baik dengan penambahan menara tersebut.

Baca Juga: Ini fokus XL Axiata (EXCL) usai jual 2.782 menara

Secara fundamental, Chris mengatakan, estimasi laba kedua emiten yang baru saja membeli menara ini bisa meningkat sehingga valuasi fundamentalnya dapat kembali ke area murah.

Adapun, sentimen yang dapat mempengaruhi pergerakan kedua saham ini dalam waktu dekat ini seperti laporan keuangan, peningkatan konsumen, serta penambahan aset bagi CENT dan TOWR.

“Strategi yang bisa kedua emiten ini lakukan bisa dengan mengembangkan jangkauan. Pengembangan jaringan ke daerah-daerah sekarang ini sangat dibutuhkan untuk memberikan jaringan komunikasi di wilayah yang masih belum dapat menikmatinya,” ujar Chris, Selasa (11/2).

Baca Juga: Beli menara EXCL, Sarana Menara Nusantara (TOWR) rogoh kocek Rp 2,24 triliun

Chris merekomendasikan investor untuk buy saham EXCL dengan target harga Rp 3.600, kemudian buy saham CENT dengan target harga Rp 90, dan saham TOWR dengan target harga Rp 1.100.

Hari ini, harga saham EXCL naik 2,14% ke Rp 2.860 per saham. Harga saham CENT melonjak 16,18% ke Rp 79 per saham. Sedangkan harga saham TOWR flat di Rp 875 per saham.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×