kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Rilis IDX New Listing Information, Ini Fitur Terbarunya


Kamis, 14 September 2023 / 19:34 WIB
BEI Rilis IDX New Listing Information, Ini Fitur Terbarunya
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan fitur publikasi Informasi Pencatatan Perdana alias IDX New Listing Information pada 20 September 2023.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan fitur publikasi Informasi Pencatatan Perdana alias IDX New Listing Information pada  20 September 2023.

Kepala Unit Pengelolaan Data BEI Alexander Horas Kurniawan Panjaitan mengatakan, IDX New Listing Information ini adalah publikasi statistik BEI yang berisi kumpulan informasi dan data terkait pencatatan perdana dari calon perusahaan tercatat di BEI.

“Misalnya, profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan, dan informasi pemegang saham,” ujarnya dalam acara Edukasi Wartawan terkait IDX New Listing Information, Kamis (14/9).

Sejumlah tampilan baru pun diperkenalkan pada IDX New Listing Information, seperti perubahan tampilan yang lebih user friendly dan penambahan informasi kodefikasi alias primary key pada setiap data yang disajikan.

“Menurut hasil survei kami, 97% responden puas dan setuju dengan perubahan informasi ke tampilan baru,” ujarnya.

Baca Juga: BEI Rilis Fitur IDX New Listing Information, Siap Meluncur 20 September

Selain itu, ada penambahan halaman cover yang berisi Brief Summary, Ads, dan Dictionary. Lalu, ada penambahan dan penyesuaian konten yang disajikan.

Konten yang dimaksud adalah Oversubscription Ratio, Number of Listing this Year, Member of ISSI, Cost of Fund, Kategori Intended Use of Fund, Summary of Latest Financial & Shareholder Information, dan Financial Performance Chart.

“Kemudian, Financial Ratio, Number of Employees, Shareholder Composition Diagram, Appendix, dan Market Highlight yang akan tersedia pada IDX Daily Statistics,” tuturnya.

Selain itu, di dalam IDX New Listing Information disajikan sejumlah data terkait pencatatan perdana pasar modal, seperti Profil Perusahaan, Pencatatan Saham Perdana, Tata Kelola Perusahaan, serta Papan Pencatatan dan Klasifikasi Industri.

Lalu, Pencatatan Waran, Rencana Penggunaan Data, Lembaga Profesi Penunjang, Data Laporan Keuangan, Informasi Segmen Usaha, dan Informasi Pemegang Saham.

Alex memaparkan, ada empat tujuan utama dalam peluncuran IDX New Listing Information. Pertama, menyajikan data secara akurat, terpercaya, dan terstandar.

Kedua, menyajikan sistem database berkualitas dan menyeluruh yang dikelola dan diawasi langsung oleh BEI.

Ketiga, menciptakan efisiensi, sehingga mampu memudahkan analisis pencatatan saham baru dengan waktu yang lebih singkat.

Keempat, memberikan pemahaman investasi dengan ketersediaan data yang baik, sehingga mengurangi risiko kerugian investasi.

Nantinya, IDX New Listing Information akan dipublikasikan kepada publik oleh BEI pada H-1 sebelum pencatatan perdana saham di halaman resmi BEI, yaitu www.idx.co.id.

“IDX New Listing Information ke depannya juga dapat diakses melalui aplikasi IDX Mobile,” kata Alexander.

Baca Juga: IHSG Naik Pada Kamis (14/9), Begini Proyeksinya untuk Jumat (15/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×