kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank KB Bukopin (BBKP) Catat Pertumbuhan Ekspansi Kredit Mencapai 13,6% YOY


Kamis, 02 November 2023 / 16:10 WIB
Bank KB Bukopin (BBKP) Catat Pertumbuhan Ekspansi Kredit Mencapai 13,6% YOY
Bank KB Bukopin


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - PT Bank KB Bukopin Tbk mencatat pertumbuhan ekspansi kredit yang solid hingga kuartal III tahun 2023. Berdasarkan catatan perseroan, penyaluran kredit baru naik menjadi Rp 4,5 triliun per September 2023 atau tumbuh 13,6% secara year on year (YoY). Kini, total outstanding kredit perseroan per September 2023 mencapai Rp44 triliun.

Secara keseluruhan, perusahaan berkode saham BBKP itu mencatat pertumbuhan di semua segmen. Pertumbuhan tertinggi berasal dari segmen korporasi yang menyumbang 67% atau sebesar Rp3 triliun terhadap total kredit baru Perseroan. Kemudian dilanjut kredit segmen ritel sebesar 22% dan segmen usaha kecil menengah (UKM) yang berkontribusi 11%.

Tingginya segmen korporasi sendiri tentu bukan tanpa alasan. Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong menjelaskan, Bank KB Bukopin memang mengincar segmen korporasi untuk memaksimalkan ekspansi kredit sekaligus meningkatkan kualitas aset guna menjaga arus keuangan agar tetap terkendali. Selain itu, kebutuhan pembiayaan korporasi kedepannya masih sangat besar sehingga peluang Perseroan untuk meningkatkan pertumbuhan kredit baru masih terbuka luas.

Robby mengungkapkan, pertumbuhan kredit baru dan perbaikan kualitas aset yang dilakukan perseroan hingga September 2023 semakin terjaga karena turut diiringi peningkatan pendapatan bunga menjadi Rp3,2 triliun atau naik sebesar 19,8% selama periode Januari-September tahun ini. Sementara itu, pendapatan operasional lain tumbuh 50,0% YoY menjadi Rp 456 miliar.

“Pencapaian ini membuat kami semakin optimistis dapat meningkatkan perbaikan kinerja, secara berkelanjutan. KB Bukopin akan terus mencari peluang untuk meningkatkan portofolio kredit, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor sambil mengamati dinamika yang terjadi di pasar,” kata Robby.

Guna meningkatkan kualitas pinjaman, Bank KB Bukopin tetap berkomitmen untuk menjaga kualitas pinjaman melalui divisi Special Asset Management (SAM) yang fokus pada peningkatan kualitas aset. Melalui kombinasi pendekatan organik dan anorganik, Bank KB Bukopin tercatat mampu menurunkan jumlah loan to asset ratio (LAR) sebesar 23,4% YoY.

Pada saat yang sama, Robby mengungkapkan total rasio LAR kini berada di angka 43,9% pada kuartal III 2023 atau turun dari 53,5% pada kuartal III 2022. Penurunan ini menunjukan arus kredit keuangan perseroan yang semakin baik karena porsi LAR restrukturisasi yang jauh membaik dibanding tahun lalu.

Perbaikan itu menunjukkan komitmen Bank KB Bukopin terhadap pertumbuhan, inovasi dan praktik pembiayaan berkelanjutan yang berpengaruh pada kinerja perseroan yang semakin positif. Kedepannya, Robby berharap Bank KB Bukopin dapat menjual aset kualitas rendah dengan lebih agresif dan memperluas pencarian pinjaman baru.

“Kedepan kami berkomitmen untuk meningkatkan profitabilitas dan kualitas aset Bank dengan berkonsentrasi pada pertumbuhan dana pihak ketiga, memperluas pencairan pinjaman baru dan pasar captive. Dengan memanfaatkan kolaborasi dengan induk kami KB Kookmin Bank dan afiliasi lainnya, kami secara aktif mencari prospek di ekosistem afiliasi Korea, karena kami yakin melalui pelayanan ke pasar khusus ini akan membuka peluang baru bagi Bank KB Bukopin,” pungkas Robby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×